Pentingnya Mengocok Susu Cair Sebelum Diminum

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 03 May 2018 13:06 WIB
kesehatan
Pentingnya Mengocok Susu Cair Sebelum Diminum
Tahukah Anda bahwa disarankan untuk mengocok susu terlebih dahulu sebelum mengonsumsi langsung? Berikut ini alasannya. (Foto: Dok. Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan.

Jakarta: Tak sedikit orang yang memilih cara lebih praktis dalam mengonsumsi susu, yaitu langsung dalam bentuk kemasan cair. Namun, tahukah Anda bahwa disarankan untuk mengocok susu terlebih dahulu sebelum mengonsumsi langsung? Mengapa demikian?

Menurut ahli gizi Dr. Marudut, B.Sc, MPS, kebiasaan tersebut sangat disarankan agar protein kasein dalam susu ikut terserap.

Salah satu kandungan terbanyak dalam susu adalah protein, yang terbagi dalam dua jenis yaitu kasein dan whey. Keduanya berperan besar menunjang masa pertumbuhan tubuh.

Sifat protein kasein cenderung mengendap, sementara protein whey bercampur dalam cairan. Oleh karena itu, bila tidak dikocok, maka protein kasein yang berada dalam dasar kemasan tidak terkonsumsi.

(Baca juga: Pada Usia Berapa Susu UHT Aman untuk Anak?)


(Salah satu kandungan terbanyak dalam susu adalah protein, yang terbagi dalam dua jenis yaitu kasein dan whey. Keduanya berperan besar menunjang masa pertumbuhan tubuh. Foto: Tyler Nix/Unsplash.com)

"Sebanyak 80 persen protein dalam susu adalah kasein. Jika kemasan susu tak dikocok, maka besar kemungkinan asupan kasein yang masuk dalam tubuh tak maksimal."

Protein dalam susu sendiri mengandung asam amino yang berguna untuk membangun matriks tulang sehingga dapat membantu menurunkan risiko osteoporosis.

Selain itu, protein juga menstimulasi hormon osteotropik Insulin-like Growth Factor-1 (IGF-1) yang berperan dalam membentuk tulang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Normalnya, persentase protein dalam susu cukup besar yaitu 3,4 persen. Angka ini hampir sama dengan kandungan lemak dalam susu sebanyak 3-4 persen dalam satu kali konsumsi.




(TIN)