Ini Kesalahan Ngemil yang Anda Lakukan

Torie Natalova    •    Jumat, 28 Sep 2018 19:03 WIB
diet
Ini Kesalahan Ngemil yang Anda Lakukan
Penuhi laci meja kantor dengan kacang-kacangan dan biji-bijian untuk mencegah godaan camilan tak sehat seperti biskuit atau keripik. (Foto: OLA Mishchenko/Unsplash.com)

Jakarta: Menurut ahli gizi Fiona Hunter, salah satu kesalahan makan paling umum adalah kesalahan dalam mengenali perbedaan camilan dengan kudapan. Makanan ringan, menurut Fiona harus berkontribusi secara nutrisi untuk diet Anda. 

Misalnya dengan menambahkan vitamin dan mineral, protein dan serat atau buah dan sayuran. Sehingga, pilih camilan Anda dengan cermat. Menghindari makanan ringan yang diolah dengan penuh gula seperti biskuit dan kue, terlebih jika Anda sangat mencemaskan tentang kalori.

Kesalahan ngemil lainnya yaitu tidak menyimpan makanan sehat. Menjaga nutrisi yang bergizi saat diet adalah sebuah keharusan. Penuhi laci meja kantor dengan kacang-kacangan dan biji-bijian untuk mencegah godaan camilan tak sehat seperti biskuit atau keripik. Ganti kebiasaan ngemil keripik dan biskuit dengan memotong buah segar atau membuat salad dingin.

(Baca juga: Enam Makanan yang Perlu Dihindari saat Diet)


(Penuhi laci meja kantor dengan kacang-kacangan dan biji-bijian untuk mencegah godaan camilan tak sehat. Foto: Remi Yuan/Unsplash.com)

Membiasakan membaca label pada kemasan makanan bisa jadi salah satu cara yang tepat untuk menjaga nutrisi dalam camilan Anda setiap hari. Pilih makanan dengan kadar gula paling kecil. Cegah kebiasaan ngemil tak sehat dengan makanan tinggi protein dan serat yang tinggi.

Makanan tinggi protein dan serat dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil.

Terkadang, cermat dalam memilih makanan adalah cara terbaik untuk menghindari kenaikan berat badan karena ngemil. Memangkas makanan lezat namun tinggi kalori dan gula tidak selalu menjadi cara terbaik ketika Anda diet. Anda dapat membatasi makanan manis, tanpa menghindarinya sama sekali. Misalnya, mengalokasikan satu hari dalam seminggu untuk camilan manis.

Dengan demikian, Anda cenderung tidak menderita karena menginginkan makanan yang Anda larang sendiri. Banyak dari mereka yang menjalani cara ini mengaku lebih berhasil dalam mengurangi kebiasaan ngemil dan menjaga berat badan.





(TIN)