Ini yang Harus Anda Lakukan Saat Mengalami Luka Pendarahan

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 26 Jun 2018 18:18 WIB
kesehatan
Ini yang Harus Anda Lakukan Saat Mengalami Luka Pendarahan
Kecerobohan terkadang dapat memicu terjadinya pendarahan, seperti tak sengaja seperti jari teriris pisau dan menimbulkan darah mengucur. (Foto: Marcelo Leal/Unsplash.com)

Jakarta: Kecerobohan terkadang dapat memicu terjadinya pendarahan, seperti tak sengaja seperti jari teriris pisau dan menimbulkan darah mengucur. 

Dalam keadaan tersebut, apa yang harus dilakukan?

"Idealnya, cukup menekan bagian yang terjadi pendarahan aktif. Ambil kasa atau kain bersih dan tekan pada luka yang terluka," ujar dokter Unit Gawat Darurat Siloam Hospitals Kebon Jeruk (SHKJ) dr. Cannes Novel W dalam temu media, Selasa 26 Juni 2018. 

Kemudian, bebat luka tersebut dengan terus menekan area berdarah agar bisa berhenti. Area yang berdasar juga sebaiknya ditinggikan dan minimalkan gerakan pada bagian tersebut. 

(Baca juga: Tingkat Kematian akibat Masalah Jalan Napas Paling Tinggi)


("Idealnya, cukup menekan bagian yang terjadi pendarahan aktif. Ambil kasa atau kain bersih dan tekan pada luka yang terluka (pendarahan)," ujar dokter Unit Gawat Darurat Siloam Hospitals Kebon Jeruk (SHKJ) dr. Cannes Novel W dalam temu media, Selasa 26 Juni 2018. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

Setelah itu, segeralah bawa ke UGD untuk penanganan yang lebih baik. 

Kepala Departemen UFD SHKJ Dr. dr. Wahyuni Dian Purwanti, SpEM mengingatkan satu hal yang paling umum dilakukan pasien dengan jenis trauma ini. 

"Jangan kepo. Kalau sudah ditekan, tak usah dilihat lagi apakah masih terjadi pendarahan atau tidak. Nanti malah ngucur lagi," tukasnya pada kesempatan yang sama. 




(TIN)