Ringankan Sembelit dengan Pijatan Ini

Torie Natalova    •    Jumat, 22 Jun 2018 11:53 WIB
kesehatan
Ringankan Sembelit dengan Pijatan Ini
Penelitian berpendapat bahwa pijat dapat membantu mengendurkan atau membuat perut lebih rileks. (Foto: Pete Bellis/Unsplash.com)

Jakarta: Anda memiliki masalah dengan buang air besar? Tentu Anda sudah mencoba berbagai macam bantuan mulai dari makanan berserat hingga obat pelunak feses.

Tapi, ada satu hal yang mungkin Anda belum mencobanya dan bisa menjadi kunci kelancaran buang air besar Anda.

Teknik yang satu ini membutuhkan bantuan tangan dengan cara memijat bagian perineum Anda. Perineum adalah bagian tubuh yang terdapat di antara alat kelamin dengan anus.

Menurut sebuah studi terbaru dalam Journal of General Internal Medicine dalam laman Womenshealthmag, ketika bagian perineum dipijat, sembelit akan terasa ringan.

(Baca juga: Seberapa Banyak Harus Makan Buah dan Sayur?)


(Menurut sebuah studi terbaru dalam Journal of General Internal Medicine dalam laman Womenshealthmag, ketika bagian perineum dipijat, sembelit akan terasa ringan. Foto: Asdrubal luna/Unsplash.com)

Karena sembelit adalah keluhan yang umum terjadi dan lebih banyak menyerang perempuan daripada laki-laki. Peneliti akhirnya mencari cara bagaimana meringankan sembelit selain mengonsumsi makanan berserat dan lebih banyak latihan.

Wanita hamil biasanya sering mengalami sembelit, dan mereka telah lama disarankan untuk memijat perineum secara teratur untuk membantu membuat rileks di area tersebut dan mencegahnya robek selama persalinan.

Penelitian berpendapat bahwa pijat dapat membantu mengendurkan atau membuat perut lebih rileks.




(TIN)