Enam Makanan yang Mengandung Protein Lebih Tinggi dari Telur

Raka Lestari    •    Rabu, 20 Jun 2018 11:41 WIB
kesehatanprotein
Enam Makanan yang Mengandung Protein Lebih Tinggi dari Telur
Berikut ini adalah makanan-makanan yang mengandung protein lebih banyak dari telur. (Foto: Kevin McCutcheon/Unsplash.com)

Jakarta: Telur merupakan salah satu makanan yang mengandung kandungan protein yang baik bagi tubuh. Satu butir telur rebus mengandung 6 gram protein dan rasa yang cukup lezat untuk dikonsumsi langsung atau ditambahkan dengan makanan lainnya.

Namun untuk mendapatkan protein, tidak hanya dari telur saja. Bahkan ada beberapa makanan yang justru mengandung protein lebih banyak dari telur. 

Dikutip dari Women's Health, berikut ini adalah makanan-makanan yang mengandung protein lebih banyak dari telur.

1. Bubuk spirulina
Bubuk spirulina mengandung 8 gram protein per dua sendok makan. Spirulina berasal dari laut, dimana tidak hanya ikan yang berasal dari laut yang mengandung protein tinggi. Anda bisa mencampurkan bubuk spirulina sebagai campuran bahan salad atau mencampurkannya ke dalam makanan dan minuman Anda. 

(Baca juga: Menkes: Mencukupi Kebutuhan Protein Anak Bukan Hanya Susu)


("Chickpea mengandung zat besi, fosfat, kalsium, magnesium, mangan, seng, dan vitamin K, yang semuanya berkontribusi untuk membangun dan memelihara struktur dan kekuatan tulang," kata Beth Warren, R.D.N., seorang ahli diet terdaftar. Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)

2. Greek yogurt
Greek Yogurt mengandung 17 gram protein dalam setiap kemasannya. Greek Yogurt juga berguna untuk pemulihan otot. Selain itu, Greek Yogurt juga memiliki kandungan lemak yang sedikit. 

3. Gruyere cheese
Gruyere cheese yang berasal dari Swiss ini juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi asupan protein harian Anda. Satu ons gruyere cheese mengandung 8 gram protein dan 117 kalori. 

4. Chickpea
"Chickpea mengandung zat besi, fosfat, kalsium, magnesium, mangan, seng, dan vitamin K, yang semuanya berkontribusi untuk membangun dan memelihara struktur dan kekuatan tulang," kata Beth Warren, R.D.N., seorang ahli diet terdaftar. Satu cangkir chickpea mengandung sekitar 12 gram protein. 

5. Tahu
Disajikan dalam bentuk apapun, tahu merupakan pilihan yang baik untuk dikonsumsi baik pagi ataupun malam hari. "Tahu mengandung semua delapan asam amino esensial," kata Warren. Ditambah lagi, Anda akan mendapatkan magnesium, tembaga, seng, dan vitamin B1 yang cukup besar. 

6. Almond
Almond merupakan makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Selain itu, almond juga merupakan camilan yang enak karena mereka kaya akan vitamin E, tembaga, dan magnesium, kata Warren.





(TIN)