Empat Tips Perjalanan Nyaman bagi Bumil

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 11 Apr 2018 16:11 WIB
kehamilan
Empat Tips Perjalanan Nyaman bagi Bumil
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Hamil tak lantas membuat wanita menjadi tidak produktif. Ketika sudah melewati trimester pertama, di mana risiko keguguran akan semakin kecil, ibu hamil (bumil) sudah dapat melakukan beberapa hal seperti biasa. 

Salah satu kecemasan bumil adalah keamanan  janin saat melakukan perjalanan jauh. Berikut adalah beberapa tips saat melalui perjalanan darat jauh agar merasa tetap aman dan nyaman. 

1. Selalu menggunakan sabuk pengaman

Kencangkan di bawah perut dan duduklah dengan nyaman. Meskipun terasa ada yang aneh ketika memakai sabuk pengaman, tetap gunakan untuk alasan keselamatan. 

2.  Peregangan sejenak

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan stagnasi darah pada kaki. Lakukan peregangan singkat secara rutin. Berdiri dan berjalan-jalanlah ketika mobil sedang beristirahat. Cobalah memijat lutut dan pergelangan kaki sesekali. Gunakan tas atau bantal untuk mengistirahatkan kaki. 

3. Pernapasan perut

Lakukan pernapasan perut agar janin mendapatkan jumlah oksigen yang cukup.

4. Tetap terhidrasi dan bawa obat-obatan

Pastika tubuh terhidrasi dan bawalah semua obat-obatan saat melakukan perjalanan jauh.  Selain vitamin antenatal, obat-obatan untuk pilek dan flu, mual dan muntah, diare, keasaman dan gangguan pencernaan, mabuk kendaraan juga perlu dibawa. Namun, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter terkait obat mana yang cocok untuk Anda. 

Hindari membeli obat bebas selama kehamilan karena dapat menyebabkan komplikasi pada janin.






(DEV)