Selain Minum Air Kelapa, Empat Cara Sederhana Ini Bantu Mengurangi Nyeri Haid

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 01 Aug 2018 11:14 WIB
tips kesehatan
Selain Minum Air Kelapa, Empat Cara Sederhana Ini Bantu Mengurangi Nyeri Haid
(Foto: Health Grades)

Jakarta: Tak sedikit wanita yang mengalami nyeri haid dimana beberapa faktor, termasuk gaya hidup tak sehat dan ketidakseimbangan hormon, menjadi pemicunya.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat membuat rasa nyeri atau gangguan lainnya sedikit berkurang dan bisa beraktivitas normal selama menstruasi. 

1. Konsumsi air kelapa

Air kelapa sangat bagus untuk mengurangi pori-pori yang membesar pada kulit. Sebelum menstruasi, sejumlah wanita mengalami jerawat dan kulit berminyak berlebihan. Makanan ini dapat membantu mengencangkan pori-pori dan mengurangi terjadinya jerawat.

2. Konsumsi pisang mentah

Pisang membantu mencegah sindrom pramenstrurasi (PMS) dan migrain. Makanan ini juga mencegah munculnya bercak atau flek beberapa hari setelah haid.

3. Olahraga

Segala jenis olahraga dapat membantu masalah yang berhubungan dengan haid, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan sirkulasi darah. Biasakan olahraga minimal seminggu sekali untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang dan inti otot.

4. Lakukan yoga

Latihan yoga asana, terutama pose-pose restoratif seperti Supta baddhakonasana atau pose sudut berbaring yang miring, membantu mengurangi rasa sakit selama haid. 

5. Konsumsi suplemen
 
Konsumsilah suplemen kalsium & Vitamin B12 selama seminggu penuh untuk mencegah kram, sakit kepala, dan sakit punggung.

Lihat video:




(DEV)