Dampak Buruk jika Anda Mengunyah Makanan Terlalu Cepat

Raka Lestari    •    Minggu, 22 Apr 2018 14:52 WIB
kesehatan
Dampak Buruk jika Anda Mengunyah Makanan Terlalu Cepat
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Makan terlalu cepat dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, dari mulai berisiko tersedak hingga muntah.

"Orang yang makan terlalu cepat juga cenderung tidak merasa kenyang dan lebih mungkin untuk makan berlebihan. Makan dengan cepat menyebabkan fluktuasi glukosa yang lebih besar, yang dapat menyebabkan resistensi insulin," kata ahli jantung Takayuki Yamaji di American Heart Association, dilansir dari Romper.

Segala macam masalah metabolisme, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan faktor risiko stroke mungkin berhubungan dengan makan terlalu cepat. Dengan kata lain, cara Anda makan sangat berkaitan dengan segala macam kondisi kesehatan yang serius di kemudian hari.

Berikut ini adalah tanda-tanda yang bisa terlihat jika Anda makan terlalu cepat.

1. Sakit perut

Jika Anda mengalami sakit perut setiap habis makan, mungkin Anda perlu mengecek kembali kecepatan makan Anda.

" Mengalami rasa sakit saat mencerna makanan berarti Anda makan terlalu cepat dalam beberapa kasus," ujar Rhiannon Lambert, seorang ahli nutrsi kepada The Telegraph. Mengunyah makanan dengan baik, dan makan secara perlahan adalah hal yang tepat untuk memastikan sistem pencernaan Anda berfungsi dengan baik.

2. Kembung

Jika Anda merasa perut tidak nyaman atau merasa kembung tepat setelah makan, mungkin Anda perlu memperhatikan kecepatan makan Anda. Mengonsumsi makanan terlalu cepat dapat berarti menelan lebih banyak udara di setiap gigitan.

"Gelembung udara di perut dapat menyebabkan kembung, gas, dan membuat Anda merasa tidak nyaman," ujar Brigitte Zeitlin, seorang ahli diet terdaftar.

3. Sering bersendawa

Kebanyakan bersendawa disebabkan oleh menelan udara berlebih dengan melakukan hal-hal seperti makan terlalu cepat, mengunyah permen karet, atau minum minuman berkarbonasi, menurut Mayo Clinic. Jika Anda sering mengalaminya tepat setelah makan, sebaiknya kurangi kecepatan makan Anda.

4. Merasa sangat kenyang

Makan terlalu cepat dapat menyebabkan Anda kehilangan kontak dengan sinyal-sinyal tubuh yang memberikan perasaan kenyang dan lapar, sehingga Anda pun merasa tidak nyaman setelah makan, menurut LiveStrong. Merasa kenyang berlebihan setelah makan sering membuat rasa tidka nyaman.

5. Mengalami masalah pada asam lambung

Jika Anda sering memiliki masalah dengan asam lambung, tentunya itu sangat tidak menyenangkan. Makan dengan cepat dapat meningkatkan risiko masalah pada asam lambung Anda, menurut WebMD.

6. Mual

Jika Anda merasa mual setelah makan, periksa kecepatan makan Anda. Mengalami mual setelah makan dapat disebabkan oleh sesuatu yang sederhana seperti mengonsumsi makanan terlalu cepat, menurut WebMD. Nikmatilah makanan Anda dengan kecepatan paling rendah.


Lihat video:




(DEV)