Nutrisi Penting Ini Bantu Si Kecil agar Tidak Mudah Tertular Penyakit

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 24 Apr 2018 17:44 WIB
tumbuh kembang anak
Nutrisi Penting Ini Bantu Si Kecil agar Tidak Mudah Tertular Penyakit
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Bermain di luar rumah terbukti memiliki manfaat bagi si kecil. Namun, tak sedikit juga anak-anak menjadi mudah terserang penyakit. 

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menyebutkan bahwa 41,9 persen anak berusia 1-4 tahun mengalami infeksi saluran pernapasan dan 12,2 persen mengalami infeksi saluran cerna. Dari data tersebut ditemukan bahwa anak yang bermain di luar rumah 2-3 kali lebih rentan mengalami infeksi saluran pernapasan dan infeksi saluran cerna.

Dokter anak dr Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K) mengungkapkan bahwa untuk menghindari kejadian tersebut, anak harus diberikan  perlindungan, terutama dari segi nutrisi.

"Berikan perlindungan, misalnya asupan probiotik seperti Lactobacillus rhamnosus," ujarnya dalam edukasi kesehatan di Jakarta, Selasa, 24 April 2018.

Bakteri baik yang terdapat dalam kandungan susu anak tersebut dapat membantu menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran cerna, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Ia menambahkan, perlindungan yang berasal dari makanan tersebut dapat membantu proses belajar anak semakin baik serta pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak yang sesuai dengan usia.

Lihat video:




(DEV)