Tips Menjaga Kesehatan Kaki bagi Bumil

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 25 May 2018 15:00 WIB
kehamilan
Tips Menjaga Kesehatan Kaki bagi Bumil
Pilihlah alas kaki yang nyaman yang lembut dan tetap melindungi saat mengalami goncangan saat Anda hamil. Ini akan membuat kaki Anda nyaman. (Foto: Vitor Pinto/Unsplash.com)

Jakarta: Selama sembilan bulan masa kehamilan, terjadi beberapa transformasi fisik seperti perut melebar, berat badan bertambah, dan stretch mark. Tidak ketinggalan juga masalah gangguan kaki yang dialami. 

Dr Raghavendra KS, Konsultan Penggantian Sendi & Dokter Bedah Tulang Belakang dari Fortis Hospital, Kalyan, membagikan beberapa tips menjaga kesehatan kaki agar tetap nyaman beraktivitas selama sembilan bulan mengandung. 

Menurutnya, pergelangan kaki dan kaki bengkak cenderung terjadi karena tubuh menyimpan cairan lebih banyak daripada biasanya, di mana aliran darah dan tekanan pada janin pun meningkat.

Akibatnya, aliran tersebut mengalir ke tungkai bawah, menyebabkan tekanan pada kaki, menyebabkan pembengkakan.
 
Untuk mengatasinya, Dr Raghavendra menyarankan untuk memeriksakan ke dokter terlebih dahulu. Jika aman, berikut adalah beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan bumil agar kaki tak bengkak. 

(Baca juga: Cara Atasi Bengkak pada Kaki saat Hamil)

1. Minum air putih 
Minum banyak air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Konsumsi pola makan seimbang dan menghindari makanan tinggi sodium (yang dapat menyebabkan retensi air) juga sebaiknya dilakukan. 

2. Tidak berdiri terlalu lama
Hindari berdiri terlalu lama. Saat bekerja, usahakan istirahat yang cukup sering, terutama jika pekerjaan tersebut menuntut untuk berdiri dalam jangka lama. 


(Dr Raghavendra menyarankan untuk memeriksakan jika kaki bengkak selama kehamilan. Foto: Ashton Mullins/Unsplash.com)

3. Istirahat
Saat sedang bepergian, pastikan untuk beristirahat sejenak untuk duduk, bernafas dan rileks untuk sementara waktu. 

4. Olahraga 
Olahraga teratur wajib dilakukan. Peregangan di pagi hari, yoga/pilates, atau olahraga yang diawasi oleh pelatih. Hindari olahraga berat dan usahakan memakai pelatih saat sudah trimester terakhir. 

5. Naikkan kaki 
Naikkan kaki pada ketinggian yang membuat nyaman, untuk memastikan sirkulasi darah lancar. Di tempat kerja, letakkan kotak atau kursi di bawah meja. 
 
6. Berbaring di sisi kiri 
Ketika di rumah, berbaring di sisi kiri untuk menghindari tekanan pada bagian vena cava.
 
7. Alas kaki yang nyaman 
Pilihlah alas kaki yang nyaman yang lembut dan tetap melindungi saat mengalami goncangan. 





(TIN)