Beberapa Hal Ini Berkaitan dengan Diabetes

Torie Natalova    •    Kamis, 24 May 2018 12:05 WIB
kesehatandiabetes
Beberapa Hal Ini Berkaitan dengan Diabetes
Diketahui bahwa mereka yang jarang bersosialisasi lebih mungkin mengalami depresi yang merupakan faktor risiko diabetes. (Foto: Nik MacMillan/Unsplash.com)

Jakarta: Anda mungkin sudah banyak membaca dan mengetahui aturan dasar untuk menjaga tubuh dari risiko diabetes. Makan dengan benar, aktif dan tetap mempertahankan berat badan ideal, ini beberapa hal yang umum untuk menjaga Anda dari diabetes.

Namun, kemungkinan adanya faktor lain untuk meningkatkan peluang terkena diabetes bisa jadi adalah kebiasaan yang sering Anda lakukan. Berikut, enam hal yang harus Anda perhatikan seperti dilansir dari Prevention.com.

1. Pilih menghindari gluten
Memilih menghindari gluten meski tidak memiliki penyakit Celiac atau intoleransi gluten, bisa jadi meningkatkan peluang terkena diabetes. Orang yang secara teratur mengonsumsi gluten, 13 persen lebih kecil kemungkinannya terkena diabetes.

Ini karena orang yang menghindari gluten cenderung makan biji-bijian kaya serat yang lebih sedikit, yang memainkan peran penting dalam menurunkan risiko diabetes.

(Baca juga: Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes)


(Meskipun peneliti tidak sepenuhnya memahami hubungan kopi dan diabetes, namun mereka berpendapat bahwa minum kopi dapat meningkatkan kadar gula darah yang lebih stabil. Dengan catatan kopi tidak ditambahkan dengan gula atau pemanis lain. Foto: Nathan Dumlao/Unsplash.com)

2. Menghabiskan terlalu banyak waktu sendirian
Penelitian menunjukkan bahwa isolasi sosial berkaitan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih besar. Diketahui bahwa mereka yang jarang bersosialisasi lebih mungkin mengalami depresi yang merupakan faktor risiko diabetes.

3. Memangkas asupan kopi
Meskipun peneliti tidak sepenuhnya memahami hubungan kopi dan diabetes, namun mereka berpendapat bahwa minum kopi dapat meningkatkan kadar gula darah yang lebih stabil. Dengan catatan kopi tidak ditambahkan dengan gula atau pemanis lain.

4. Terlalu banyak garam
Makan terlalu banyak makanan asin dapat menyebabkan berat badan berlebih atau hipertensi, yang merupakan dua faktor risiko diabetes terbesar. Terlalu sering konsumsi garam berdampak langsung pada resistensi insulin.

5. Konsumsi obat kolesterol
Obat penurun kolesterol seperti statin berkaitan dengan sedikit peningkatan risiko diabetes tipe 2. Meski belum jelas kaitan keduanya, tapi memiliki kolesterol tinggi itu sendiri merupakan faktor risiko diabetes. Anda bisa memilih menghindari minum obat penurun kolesterol dengan melakukan gaya hidup sehat, olahraga, dan berhenti merokok.





(TIN)