Empat Alasan Mengapa Sarapan Penting

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 03 Aug 2018 13:13 WIB
kesehatan
Empat Alasan Mengapa Sarapan Penting
Melewatkan sarapan malah membuat seseorang cenderung mengonsumsi makanan yang manis. (Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)

Jakarta: Sarapan adalah salah satu aktivitas yang kerap terlewatkan karena padatnya kegiatan dalam sehari atau alasan menurunkan berat badan. Padahal banyak manfaat dari makan pagi tersebut. 

Berikut adalah empat alasan mengapa sarapan itu penting. 

1. Rendah energi
Sarapan adalah adalah makanan penghenti puasa karena tidur malam. Jika Anda melewatkannya, kadar glukosa darah tidak akan dikembalikan ke keadaan normal. Akibatnya tubuh mengalami rendah energi sepanjang hari.

(Baca juga: Sarapan yang Benar Beri Banyak Manfaat)


(Melewatkan sarapan malah membuat seseorang cenderung mengonsumsi makanan yang manis. Foto: Charles Etoroma/Unsplash.com)

2. Berat badan bertambah
Banyak orang tak sarapan karena ingin lebih kurus ternyata itu salah. Sebuah studi membuktikan bahwa melewatkan makan pagi membuat seseorang lebih ingin konsumsi makanan manis dan berlemak. Akibatnya orang beralih ke junk food untuk memuaskannya, yang bila dilakukan terlalu sering dapat berujung pada obesitas. 

3. Bahaya untuk jantung 
Melewatkan sarapan bisa memicu serangan jantung. Statistik menunjukkan bahwa pria yang melewatkan sarapan memiliki sekitar 27 persen lebih berpeluang menderita serangan jantung daripada mereka yang sarapan pagi. 

4. Menyebabkan kerontokan rambut
Kebiasaan melewatkan dapat menyebabkan kerontokan rambut karena tubuh kehilangan nutrisi yang dapat berpengaruh buruk pada folikel rambut. 




(TIN)