Tips Menurunkan Berat Badan saat Menyusui

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 05 Aug 2018 10:00 WIB
tips & trik
Tips Menurunkan Berat Badan saat Menyusui
(Foto: Abbot Nutrition)

Jakarta: Tak sedikit wanita yang mengalami kenaikan berat badan secara drastis saat hamil. Setelah melahirkan, mereka berniat mengembalikan berat badan seperti semula. 

Berikut adalah cara menurunkan berat badan saat menyusui yang tergolong aman tanpa memengaruhi nutrisi ASI. 

1. Sering menyusui

Tubuh akan menggunakan energi yang tersimpan dalam lemak untuk menghasilkan ASI. Hal tersebut akan membantu membakar banyak kalori. Selain itu, menyusui menjaga keseimbangan yang baik antara konsumsi makanan dan olahraga.

2. Praktikkan olahraga sedang

Mulailah dengan olahraga yang tidak terlalu berat. Sesuaikan rutinitas olahraga yang meliputi berjalan ringan selama 20 hingga 30 menit bersama anak. Secara bertahap, tingkatkan intensitas latihan. Namun, hindari membakar terlalu banyak kalori sekaligus ketika sedang menyusui.

3. Minum air

Minum air adalah cara menurunkan berat badan yang penting. Selain membantu mengeluarkan racun dari tubuh, kebiasaan tersebut juga membantu dalam proses pencernaan. Apalagi saat menyusui, penting untuk tetap terhidrasi. Minum air juga akan membuat Anda merasa kurang lapar.

4. Jangan menahan lapar

Hindari mengkonsumsi makanan yang dapat mengurangi berat badan secara instan karena hal itu akan memengaruhi produksi ASI. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat dan jangan melewatkan waktu makan. Selain itu, jika ingin mengikuti diet tertentu, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli gizi.






(DEV)