5 Tanda Bra yang Anda Kenakan Tidak Pas

Torie Natalova    •    Senin, 17 Apr 2017 12:13 WIB
tips kesehatan
5 Tanda Bra yang Anda Kenakan Tidak Pas
(Foto: Redonline)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 80 persen wanita tanpa disadari menggunakan bra yang tidak pas. 70 persen memakai bra yang terlalu kecil, sementara 10 persen mengenakan bra yang terlalu besar.

Menggunakan bra yang tidak sesuai dengan ukuran tak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi juga menyebabkan konsekuensi serius bagi kesehatan.

"Bra yang terlalu ketat membatasi gerakan di punggung atas dan menyebabkan kekakuan pada tulang belakang. Tulang belakang dirancang untuk bergerak, menekuk, dan memutar," kata Tim Allardyce, Direktur Klinis di Surrey Physio.

Bra yang tidak pas kurang memberikan dukungan ke belahan dada yang kemudian membuat leher dan otot punggung atas harus bekerja lebih untuk mendukung berat payudara, terutama Anda yang memiliki ukuran payudara besar.

Ketika otot-otot leher menjadi terlalu banyak bekerja untuk menopang berat payudara, Anda akan jauh lebih mungkin mengalami sakit kepala atau sakit di bagian leher.

Ini adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah ukuran bra yang Anda gunakan salah.

1. Terasa tidak nyaman

Bra yang ketat akan meninggalkan tanda di tubuh Anda. Meskipun Anda menggunakan bra tanpa kawat, tetap berbahaya bagi kesehatan.

2. Tali bra bergeser ke bahu Anda

Tali bra harus tetap ada di bahu. Jika bergeser, artinya bra Anda tidak pas sehingga tidak efektif menopang payudara. Sebaliknya, juga jangan men-setting tali bra terlalu pendek yang bisa menekan bahu.

3. Jaringan payudara menonjol keluar

Jika payudara Anda terlihat seperti menonjol keluar dari bra, ini bisa jadi tanda bra yang digunakan terlalu kecil. Push-up bra cenderung memiliki beberapa bentuk padding di dalamnya, sehingga memungkinkan payudara menciptakan belahan di dada seperti yang diinginkan.

4. Payudara menonjol saat angkat tangan

Ketika Anda mengangkat tangan, bagian bawah payudara menonjol keluar bra. Ini bisa karena ukuran cup yang terlalu kecil. Bagian tengah bra harus rata dengan tulang dada agar pas dan nyaman dipakai.

5. Tali belakang tidak sama dengan depan

Tali di belakang bra tidak boleh bergeser-geser karena ini dapat membuat bagian depan bra naik dan turun serta kurang mendukung berat payudara Anda.


(DEV)