Ini Pentingnya Keluar Rumah Saat Akhir Pekan

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 15 Jun 2017 12:19 WIB
tips kesehatan
Ini Pentingnya Keluar Rumah Saat Akhir Pekan
(Foto: Medical Daily)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit orang yang menghabiskan akhir pekan hanya bersantai di rumah sehingga paparan sinar matahari pun tak didapatkan tubuh. Faktanya, hal tersebut tak baik bagi tubuh.

Sebuah video edukasi animasi Life Nogging  menjelaskan secara sederhana pentingnya menghidup udara segar dan cahaya matahari bagi kesehatan, salah satunya adalah memberikan dosis vitamin D yang dibutuhkan tubuh.

Vitamin D memang bisa didapatkan melalui suplemen atau makanan, namun dosis tersebut tak bisa terpenuhi jika tak melalui sinar matahari yang menyebabkan terjadinya reaksi fotosintesis.

Vitamin tersebut penting untuk perkembangan tulang dan melindungi morbiditas pada penyakit kardiovaskular dan diabetes. Selain dapat memperburuk kesehatan tulang, Kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan sklerosis ganda dan kanker prostat.

Selain berhubungan dengan kesehatan, menghirup udara segar dengan menghabiskan waktu di luar juga berhubungan dengan kesejahteraan diri yang membuat suasana hati membaik.

Life Noggin  menjelaskan bahwa perasaan dimana kulit merasakan sinar matahari dapat membantu melawan beberapa jenis penyakit dan mengubah oksida nitrat dalam darah dan kulit sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Namun, paparan yang berlebihan juga tak baik bagi  tubuh karena dapat menyebabkan kulit terbakar dan menurunkan sistem imun kulit, hingga mengakibatkan kanker kulit.


(DEV)