Air Kayu Manis Dapat Membantu Turunkan Berat Badan?

Torie Natalova    •    Rabu, 14 Jun 2017 08:47 WIB
kesehatan
Air Kayu Manis Dapat Membantu Turunkan Berat Badan?
Sebuah tinjauan menunjukkan penurunan rata-rata glukosa darah puasa dengan kayu manis yang lebih baik daripada suplemen diet lainnya. (Foto: Prima.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kayu manis, merupakan salah satu rempah yang memiliki aroma khas. Bagi ahli gizi atau pakar nutrisi, kayu manis seperti emas. 

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah Anda. Dan karena lendir glukosa darah membuat Anda merasa lapar, orang berspekulasi bahwa kayu manis dapat membantu Anda merasa kenyang sehingga dapat mencegah Anda makan terlalu banyak.

Banyak orang yang menjalani program diet, memasukkan kayu manis dalam air putih karena dianggap dapat membantu menurunkan berat badan. Apakah air kayu manis memang dapat membantu menurunkan berat badan?



Banyak penelitian telah meneliti apakah kayu manis dapat menurunkan glukosa darah. Sebuah tinjauan menunjukkan penurunan rata-rata glukosa darah puasa dengan kayu manis yang lebih baik daripada suplemen diet lainnya.

Tapi, pengurangannya sederhana dan pada kebanyakan peserta penelitian gagal memenuhi tujuan pengobatan sesuai petunjuk American Diabetes Association.

(Baca juga: 6 Manfaat Kayu Manis yang Perlu Anda Ketahui)

Tetapi, berdasarkan hasil beberapa penelitian, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa kayu manis meningkatkan rasa kenyang pada perut. Dengan kata lain, makan lebih banyak kayu manis tidak akan mengurangi selera makan Anda atau membantu Anda makan lebih sedikit.

Air dengan kayu manis bisa menjadi alternatif sehat, tetapi tidak membantu menurunkan berat badan. Anda bisa mengganti minuman kalori tinggi seperti soda dengan air kayu manis.



Jika Anda sudah membatasi minuman manis, menambahkan air kayu manis tetap tidak bisa membantu penurunan berat badan. Tetapi, air kayu manis tetap bisa menambahkan cairan dalam tubuh dengan memasukkan satu batang kayu manis dalam sebuah teko. 

Untuk mengeluarkan warna kuningnya, rebus satu cangkir air dengan satu batang kayu manis, dinginkan dan gunakan sebagai konsentrat yang dapat ditambahkan ke air biasa.







(TIN)