Menari Bantu Cegah Penuaan Otak

Nia Deviyana    •    Rabu, 30 Aug 2017 15:43 WIB
tips kesehatan
Menari Bantu Cegah Penuaan Otak
(Foto: Fitday)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seiring bertambahnya usia, sejumlah perubahan pada otak terjadi, termasuk penurunan jaringan otak, aliran darah, serta komunikasi antar sel otak. Hal ini dapat mengganggu fungsi kognitif, terutama dalam hal belajar dan mengingat.

Penelitian sebelumnya menemukan, bahwa aktivitas fisik dapat mengurangi penurunan kognitif. Sebuah studi yang dilaporkan Medical News Today tahun lalu, misalnya, menghubungkan latihan intensitas tinggi dengan peningkatan memori.

Namun, bentuk latihan seperti apa yang efektif melawan penuaan otak?

Jawabannya adalah menari, kata Dr Kathrin Rehfeld dari Pusat Kajian Penyakit Neurodegeneratif di Jerman.

Rehfeld melakukan penelitian yang melibatkan 52 orang dewasa sehat usia 63-80 tahun. Para peserta dibagi menjadi dua kelompok.

Satu kelompok diminta berpartisipasi ikut kelas menari selama 90 menit setiap minggu selama 18 bulan. Sementara kelompok lainnya melakukan kegiatan yang mengasah ketahanan tubuh selama 90 menit setiap minggu.

Partisipan juga menjalani pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI) otak pada awal dan di akhir studi. Dari hasil penelitian, tampak peningkatan volume hippocampus, tetapi peningkatan terbesar terjadi pada partisipan yang menari.

Hippocampus merupakan area otak yang berkaitan dengan fungsi pembelajaran, memori, dan emosi. Kualitas hippocampus biasanya menurun seiring bertambahnya usia.




(DEV)