Studi: Perubahan Cuaca Pengaruhi Kualitas Tidur Malam

Yatin Suleha    •    Selasa, 06 Jun 2017 17:22 WIB
studi kesehatan
Studi: Perubahan Cuaca Pengaruhi Kualitas Tidur Malam
Para penulis melaporkan bahwa menemukan literatur soal peningkatan isu kesehatan manusia, perubahan cuaca, meningkatnya temperatur yang semuanya saling berkaitan. (Foto: Greatist)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perubahan cuaca tak hanya membuat Anda semakin merasa kurang nyaman karena terasa panas atau gerah, namun juga ternyata berkaitan dengan berkurangnya kualitas tidur Anda juga kesehatan.

Seperti dilansir dari jurnal Science Advances, studi pertama yang mengkaji implikasi dari perubahan cuaca terhadap manusia, ditemukan permasalahan meningkatnya temperatur akibat perubahan cuaca, dan ini berkaitan dengan masalah berkurangnya kualitas tidur.



Menggunakan data dari 765.000 survei responden di Amerika Serikat sejak tahun 2002 sampai 2011, suhu pada malam hari ternyata meningkat satu derajat Celcius. 

Dan ini berdampak buruk bagi para lansia dan mereka yang berpenghasilan rendah-karena terbatasnya akses dalam menggunakan AC. 

Data menunjukkan bahwa mereka mengalami tidur yang kurang nyenyak atau sulit tidur di malam hari, jumlahnya mencapai 100 orang pada setiap bulannya per studi. 

(Baca juga: 3 Langkah Agar Lebih Mudah Tidur)

Kemudian hasil studi meningkat menjadi 9 juta orang dilaporkan mengalami hal yang serupa setiap malam. Kini hampir mencapai angka 110 juta per tahun. 

"Hal ini menandakan bahwa setiap lokasi di Amerika Serikat mengalami peningkatan suhu pada malam hari dan mengakibatkan berkurangnya kualitas tidur malam."



Para penulis melaporkan bahwa menemukan literatur soal peningkatan isu kesehatan manusia, perubahan cuaca, meningkatnya temperatur yang semuanya saling berkaitan. 

Berkaitan dengan berkurangnya kualitas tidur di malam hari juga bisa berdampak pada kesehatan tubuh manusia, seperti mengalami obesitas, imun tubuh yang menurun, kesehatan jantung, dan lainnya.







(TIN)