Cara Mudah Hilangkan Bau Nafas Tak Sedap

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 12 Sep 2017 09:00 WIB
kesehatan
Cara Mudah Hilangkan Bau Nafas Tak Sedap
Jika bau nafas masih menempel, dokter gigi mungkin perlu membantu Anda menemukan akar penyebab halitosis (bau nafas tidak sedap) Anda. (Foto: SleepSugar.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Siapa pun pernah mengalami bau nafas. Pengalaman paling menyebalkan jika bau nafas tidak hilang selama hampir seminggu.

Perasaan tak enak muncul ketika sedang berbicara dengan teman, atasan, bahkan dengan klien. Kepercayaan diri bisa menurun drastis akibat bau nafas. 

Sebelum membicarakan bagaimana cara mencegahnya, alangkah baiknya untuk mencari tahu penyebab bau nafas. Menurut Dr. Ada S. Cooper, D.D.S., selaku juru bucara skala nasional untuk the American Dental Association mengatakan bahwa bau nafas yang buruk bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami dehidrasi. 



Dehidrasi tubuh menyebabkan pada mulut yang kering. Cooper menjelaskan bila mulut Anda menjadi lebih kering maka Anda memiliki lebih sedikit air liur.

Kemudian bila Anda memiiki sedikit air liur, makanan dan bakteri cenderung duduk di mulut Anda untuk jangka waktu yang lebih lama.

"Jangan berpikir bahwa mencuci mulut empat kali sehari selalu akan menyembuhkan bau mulut Anda," ujar Cooper kepada Businessinsider.com.

(Baca juga: Menyikat Lidah Bantu Kurangi Bau Mulut)

Cooper mengatakan lebih banyak minum air putih setiap hari hampir pasti untuk menghilangkan bau nafas. Ia menganjurkan untuk menjauhi minum kopi atau alkohol, merokok, atau obat tertentu. 



"Semuanya bisa menyebabkan mulut kering," kata Cooper.

Dirinya menambahkan, faktor kebersihan gigi menjadi faktor lainnya penyebab bau nafas selain mulut kering. Untuk itu ia merekomendasikan untuk selalu menyikat gigi di malam hari karena makanan dan bakteri yang terperangkap dapat menghasilkan bau saat tidur.

"Jika bau nafas masih menempel, dokter gigi mungkin perlu membantu Anda menemukan akar penyebab halitosis (bau nafas tidak sedap) Anda," pungkasnya.









(TIN)