6 Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Saat Melakukan Diet Ketogenik

Raka Lestari    •    Selasa, 26 Sep 2017 11:30 WIB
diet
6 Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Saat Melakukan Diet Ketogenik
Apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh Anda saat Anda menjalani diet ketogenik? Berikut penjelasannya. (Foto: Courtesy of sweetlife.org)

Metrotvnews.com,Jakarta: Anda mungkin pernah mendengar tentang diet ketogenik, atau diet rendah karbohidrat tinggi lemak. Ini merupakan diet yang sedang populer baik di kalangan masyarakat biasa ataupun di kalangan atlet-atlet.

Seperti dilansir dari Womenshealthmag.com, untuk memahami bagaimana cara kerja diet ketogenik, Anda harus memahami apa itu ketosis. Proses dimana tubuh Anda kekurangan glukosa sebagai sumber energi bagi tubuh dan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi tubuh.

Tetapi apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh Anda saat Anda menjalani diet ketogenik? Berikut penjelasannya.



1. Kadar insulin menurun
Pada diet normal, setelah makan makanan yang mengandung glukosa, kadar insulin Anda akan menjadi lebih tinggi. Tapi ketika Anda melakukan diet ketogenik ini, kadar insulin Anda akan turun, kata pakar nutrisi Steve Hertzler, PhD, RD.

2. Tidak mudah lapar
Karena Anda meningkatkan konsumsi protein, Anda pasti akan selalu merasa kenyang pada siang hari. Tapi di luar itu, diet ketogenik juga berperan dalam menekan nafsu makan, kata Hertzler. "Satu teori yang dapat menggambarkannya adalah bahwa tubuh Anda merespons diet ketogenik seperti layaknya keadaan berpuasa, karena beradaptasi dengan pembakaran lemak sebagai bahan bakar."

(Baca juga: Ketahui Plus Minus Diet Ketogenik)

3. Efek "Keto Flu"
Diet ini dapat memiliki beberapa efek samping, salah satunya dikenal sebagai "Keto Flu". Kemungkinan efek sampingnya meliputi sakit kepala, mual, kram otot, dan mudah lelah.

4. Nafas tak sedap
"Beberapa orang mungkin ada yang mengalami perubahan dalam bau nafasnya saat melakukan diet ketogenik," kata Hertzler. Hal ini dikarenakan karena adanya aseton yang diproduksi di hati yang menyebabkan bau nafas menjadi tidak sedap. Tetapi tidak semua orang yang menjalani diet ketogenik mengalami hal ini. Ada juga yang tidak mengalami apa-apa.



5. Sulit BAB

Jika Anda tidak mendapat cukup serat dan nutrisi lainnya, Anda mungkin akan mengalami beberapa ketidaknyamanan. "Diet ketogenik sering dikaitkan dengan sembelit karena asupan serat yang lebih rendah dari biasanya."

6. Tubuh menurun
Tubuh Anda mungkin akan menurun pada masa awal-awal Anda melakukan diet ini. Hal ini dikarenakan tubuh Anda memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan diet ketogenik tersebut. 











(TIN)