Bawang Merah Bantu Bunuh Sel Kanker

Nia Deviyana    •    Minggu, 11 Jun 2017 17:32 WIB
kesehatan
Bawang Merah Bantu Bunuh Sel Kanker
(Foto: Thetruthaboutcancer)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda yang gemar makan salad, mulai sekarang pilihlah bawang putih dan merah sebagai topping.

Penelitian terbaru menunjukkan, keduanya memiliki kadar antioksidan tinggi, bahkan varietas merah tercatat lebih kuat dalam memerangi penyakit mematikan itu.

Peneliti menganalisis lima varietas bawang untuk membunuh sel kanker. Hasilnya, ekstrak bawang merah membunuh tiga sampai empat kali sel kanker dibanding dengan ekstrak bawang berwarna terang, kata Suresh Neethhirajan, PhD yang merupakan profesor bioteknologi.

Bawang merah memiliki konsentrasi kuersetin atau senyawa flavonoid yang lebih tinggi dibandingkan varietas lainnya. Studi ini secara khusus melihat bawang yang tumbuh di Ontario. Jadi, belum pasti apakah bawang yang tumbuh di tempat lain juga memiliki konsentrasi kuersetin yang tinggi.

Lebih dalam, bawang merah juga kaya akan antosianin, pigmen tumbuhan yang membantu meningkatkan kemampuan kuersetin dalam membunuh sel kanker dan radikal bebas penyebab penyakit kardiovaskular dan peradangan.

Antosianin juga dapat ditemukan pada buah-buahan berwarna merah, biru, ungu, serta sayuran.


 


(DEV)