Bau Kaki? Hilangkan dengan Cara Sederhana Ini

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 09 Jun 2017 13:38 WIB
kesehatan kulit
Bau Kaki? Hilangkan dengan Cara Sederhana Ini
Memberikan bedak bayi pada bagian kaki juga dapat membantu mencegah munculnya bau kaki. (Foto: Maxhnews.com.cy)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mobilitas yang padat tak jarang membuat kaki berkeringat dan menjadi bau. Hal tersebut tentunya membuat tak nyaman pemilik kaki dan orang sekitar jika alas kaki dilepas. 

Seorang dokter kulit Acharya Chandra Kant Verma memberikan beberapa tips agar Anda dapat terhindar dari gangguan tersebut. 



Pertama, cucilah kaki dengan benar. Tak sekedar memastikan kulit bersih, namun Anda juga harus mencuci kaki dengan sabun antibakteri setiap hari. Anda bisa menggunakan bahan alami seperti cuka untuk menghilangkan bakteri penyebab bau kaki. 

(Baca juga: 5 Bahan Alami untuk Hilangkan Bau Kaki)

Selain itu, Anda juga bisa mencuci kaki dengan mencampurkan setengah gelas garam kosher ke dalam empat gelas air untuk merendam kaki selama 10-15 menit untuk menghilangkan bau kaki. 

Memberikan bedak bayi pada bagian kaki juga dapat membantu mencegah munculnya bau kaki. Penggantian kaus kaki dan menghindari menggunkan sepatu yang masih basah tak kalah penting dilakukan. 

Penggunaan bahan alami seperti lidah buaya dan kemangi juga dapat membantu mengurangi masalah kulit tersebut. Lidah buaya mampu melembutkan kulit tanpa menyumbat pori-pori. 

Bahan tesebut juga dapat membantu menghidrasi kulit dan mengecilkan ukuran pori-pori sehingga membantu mengurangi jumlah sebum, kotoran dan mikroba ke kulit. 



Kemangi juga memiliki banyak manfaat pada tubuh seperti mencegah peradangan karena daun kemangi memiliki komponen antibakteri dan antijamur. 

Tanaman ini juga membantu penyembuhan infeksi kulit dan menghalangi pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. 








(TIN)