Bersepeda atau Berjalan ke Kantor Turunkan Risiko Kanker Secara Signifikan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 21 Apr 2017 12:01 WIB
kesehatan
Bersepeda atau Berjalan ke Kantor Turunkan Risiko Kanker Secara Signifikan
Sebuah penelitian 2008 menemukan bahwa bersepeda selama 1,5 jam dapat mengurangi risiko kanker hingga 34 persen. (Foto: Wall Street Journal)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bersepeda atau berjalan kaki ke kantor ternyata tak hanya membantu mengurangi tingkat polusi udara, namun juga dapat memberi manfaat kesehatan bagi tubuh. Sebuah penelitian di Glasgiw University di Skotlandia menemukan bahwa bersepeda ke kantor dapat menurunkan risiko terkena kanker atau penyakit jantung hingga setengahnya. 

"Bersepeda berkaitan dengan risiko penurunan hasil kesehatan yang jauh lebih rendah," kata Dr. Jason Gill, dari Institute of Cardiovascular and Medical Sciences, dalam sebuah pernyataan.



Sebuah penelitian 2008 menemukan bahwa bersepeda selama 1,5 jam dapat mengurangi risiko kanker hingga 34 persen; bersepeda setiap hari dapat meningkatkan angka bertahan hidup pada penderita kanker hingga 33 persen, dan risiko kematian akibat kanker menurun hingga 12 persen untuk setiap jam yang dihabiskan untuk olahraga sedang. 

Sementara, studi baru yang dilakukan Gill mencari tahu hubungan antara aktivitas tersebut dan insidensi penyakit jantung, kanker, dan kematian secara umum dengan melihat data 260 ribu orang tua berusia rata-rata 53 tahun dalam Biobang Inggris, sebuah database yang menyimpan informasi biologis dari setengah juta orang dewasa Inggris. 

(Baca juga: Manfaat Olahraga dengan Alat Kebugaran)

Para peserta menyebutkan tipe kendaraan (berjalan, bersepeda, atau menggunakan kendaraan) yang dipakai menuju kantor. Data terkait masuk rumah sakit dan kematian juga dicatat selama lima tahun ke depan. 

Penemuan tersebut menyebutkan bahwa bersepeda memiliki risiko paling tendah untuk terkena penyakit jantung, kanker, dan penyebab kematian lain secara umum dimana 45 persen lebih rendah untuk terkena kanker dan 46 persen untuk penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang naik kendaraan. Secara keseluruhan, mereka yang bersepeda memiliki risiko kematian dini 41 persen lebih rendah.

Berjalan ke kantor juga bermanfaat untuk kesehatan, namun tak sebanyak bersepeda. mereka yang berjalan memiliki risiko 27 persen lebih rendah terkena penyakit jantung dan 36 persen lebih sedikit meninggal akibat gangguan tersebut. Selain itu, dibandingkan dengan pesepeda, berjalan kaki memiliki risiko kematian dini 27 lebih rendah. 



"Kemungkinan ini karena jarak pejalan kaki lebih sedikit dibandingkan pesepeda, sembilan kilometer dibandingkan 50 kilometer dalam seminggu, dan secara umum berjalan memiliki intensitas olahraga yang lebih rendah," ujar penulis studi Dr, Carlos Celis-Morales. 

Untuk bisa memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan pesepeda, pejalan kaki setidaknya harus bolak-balik selam dua jam seminggu dengan kecepatan rata-rata 5 km/jam. Namun, kesimpulan tersebut belum konkret. 







(TIN)