Mengapa Siku dan Lutut Anda Lebih Gelap dari Bagian Kulit Lainnya?

Yatin Suleha    •    Selasa, 15 Aug 2017 13:44 WIB
kesehatan kulit
Mengapa Siku dan Lutut Anda Lebih Gelap dari Bagian Kulit Lainnya?
Semua gesekan di kulit tersebut menyebabkan peradangan atau inflamasi dan proses tersebut membuat bagian tersebut jadi lebih tebal untuk memproteksi bagiannya itu sendiri. (Foto: Emma Lopez/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mungkin Anda mengetahui bahwa kulit di bagian siku dan lutut warnanya lebih gelap dan teksturnya lebih tebal, bahkan bisa lebih kasar dibandingkan dengan bagian kulit di tubuh Anda yang lain.

"Banyak orang yang komplain pada saya, dan selalu mengatakan mengapa kulit siku dan lutut mereka berbeda dengan kulit bagian lainnya," ujar Joshua Zeichner, MD, dokter spesialis kulit dan direktur dari Cosmetic and Clinical Research di Mount Sinai Hospital di New York, Amerika.



(Baca juga: Selain Dehidrasi, Ketahui Penyebab Lain Kulit Kering)

Dr. Zeichner mengatakan bahwa kulit bagian siku dan lutut merupakan subjek dari peregangan yang kronik dari gerakan tekuk. Selain itu terkena gesekan pakaian dan benda-benda furnitur, misalnya meja ketika Anda bekerja di kantor selama 8 sampai 12 jam.

Semua gesekan di kulit tersebut menyebabkan peradangan atau inflamasi dan proses tersebut membuat bagian tersebut jadi lebih tebal untuk memproteksi bagiannya itu sendiri. "Itulah alasan mengapa kulit bagian lutut dan siku Anda terlihat lebih gelap," jelas Dr. Zeichner.

Kulit di siku dan lutut juga selain lebih gelap, lebih kering dibandingkan dengan semua kulit lainnya di tubuh Anda. "Ini juga yang mudah menyebabkan inflamasi, kemerahan, dan terkelupas," tukas Dr. Zeichner.



Ia menambahkan lagi bahwa bagian lutut dan siku adalah lokasi di mana psoriasis-sebuah penyakit autoimun menyerang. Penyakit ini menyerang sel kulitnya sendiri-dan tanda pertama dari sakit psoriasis adalah kemerahan, tebal, dan mulai menumpuk seperti sisik.

"Anda bisa dengan mudah memberikan pelembap di dua bagian itu dengan bahan yang mempunyai kandungan petrolatum untuk menjaga kulit Anda dan menjaga hidrasinya." Dr. Zeichner menegaskan bahwa bagian kulit di siku dan lutut bisa lebih gelap pada mereka yang produksi pigmennya lebih banyak secara keseluruhan.











(TIN)