Cegah Penuaan Otot, Hindari Berolahraga Terlalu Keras

Torie Natalova    •    Kamis, 21 Sep 2017 09:47 WIB
kesehatan
Cegah Penuaan Otot, Hindari Berolahraga Terlalu Keras
(Foto: Running)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehilangan otot seiring bertambahnya usia memang tidak dapat dihindari. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memperlambat penuaan otot, tetapi bukan dengan cara olahraga yang terlalu lama.

Sebuah studi baru menemukan, sedikit peningkatan aktivitas fisik sudah dapat membantu mencegah hilangnya massa otot, meningkatkan mobilitas dan meningkatkan ketahanan kita tetap mandiri saat bertambah tua.

Peneliti menemukan bahwa melakukan latihan ringan selama 48 menit seminggu atau enam menit sehari, dapat membantu mengurangi risiko penurunan masa otot.

Semua jenis latihan dapat ditambahkan ke rutinitas mingguan olahraga Anda. Inipun tidak berarti Anda harus berenang atau tenis setiap olahraga. Hanya berjalan cepat enam menit setiap hari dapat memenuhi anjuran tersebut.

Penelitian yang dilakukan terhadap 1.635 orang dengan usia 70-89 tahun yang aktif kurang dari 20 menit seminggu ini, memantau peningkatan kepadatan otot selama penelitian. Peneliti menemukan bahwa mereka yang meningkatkan tingkat aktivitasnya melihat peningkatan jumlah otot.

Penulis studi Roger A. Fielding mengharapkan hasil penelitian dapat memotivasi orang lain untuk mencoba melakukan perubahan olahraga yang lebih baik dan aman terhadap tingkat aktivitas mereka.




(DEV)