Lima Nutrisi yang Dibutuhkan Orang Lanjut Usia

Gervin Nathaniel Purba    •    Sabtu, 01 Dec 2018 07:01 WIB
lansia
Lima Nutrisi yang Dibutuhkan Orang Lanjut Usia
Lansia membutuhkan lebih banyak kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang (Foto:Shutterstock)

Jakarta: Pertambahan usia beriringan dengan menurunnya kondisi tubuh. Meski demikian, ada banyak cara untuk menjaga tubuh orang lanjut usia (lansia) tetap sehat dan bugar.

Kuncinya adalah memilih makanan dan minuman yang mengandung nutrisi tinggi, serta tetap aktif bergerak. Dikutip Eatright.org, berikut ini lima nutrisi yang harus dikonsumsi setiap hari.

1. Serat

Sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat tinggi membuat tubuh tetap fit dan menurunkan risiko serangan jantung. Rajin mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi juga menurunkan risiko diabetes.

2. Vitamin B12

Banyak orang yang berusia lebih dari 50 tahun tidak mendapatkan vitamin B12 yang cukup. Daging sapi tanpa lemak, ikan, makanan laut, dan susu merupakan sumber vitamin B12. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan suplemen vitamin B12 jika diperlukan.

3. Kalium

Meningkatkan asupan kalium dan mengurangi sodium (garam) dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan merupakan sumber kalium yang baik. Anda bisa mengganti garam dengan rempah untuk penambah rasa pada makanan.

4. Asam Lemak Ganda dan Tunggal

Makanan yang rendah lemak jenuh dan lemak trans membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Untuk lansia, sebaiknya perbanyak konsumsi asam lemak tak jenuh ganda dan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat ditemukan pada kacang, alpukat, sayur-sayuran, ikan, dan minyak zaitun.

5. Kalsium dan Vitamin D

Lansia membutuhkan lebih banyak kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.
Dalam sehari, lansia membutuhkan susu sebanyak 1.200 cc, lebih tinggi daripada laki-laki dan perempuan dewasa yang membutuhkan 1.000 cc setiap harinya.

Untuk mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D, dianjurkan makan tiga porsi makanan dan minuman kaya kalsium setiap hari, seperti ikan, tulang lunak, dan susu rendah lemak.


(ROS)