Perhatikan Tanda Tubuh Ketika Seseorang Membohongi Anda

Raka Lestari    •    Selasa, 16 Oct 2018 12:33 WIB
psikologi
Perhatikan Tanda Tubuh Ketika Seseorang Membohongi Anda
Berikut ini adalah tanda-tanda yang bisa Anda perhatikan untuk mengetahui apakah seseorang sedang berbohong atau tidak. (Foto: Mimi Thian/Unsplash.com)

Jakarta: Mungkin Anda sulit mengetahui jika seseorang sedang berbohong atau tidak. Namun sebenarnya ada beberapa tanda yang bisa Anda perhatikan ketika seseorang sedang berbicara dengan Anda.

Perhatikan gerak-gerik atau mimik wajah yang mereka buat selama sedang berbicara dengan Anda bisa membantu untuk mengetahui apakah seseorang berbohong kepada Anda atau tidak.

Berikut ini adalah tanda-tanda yang bisa Anda perhatikan untuk mengetahui apakah seseorang sedang berbohong atau tidak.

1. Ekspresi mikro mereka terlihat berbohong
Ekspresi mikro adalah ekspresi wajah yang singkat dan tidak disengaja yang secara alami terjadi bersamaan dengan emosi yang dialami.

Susan Winter, dating and relationship expert di New York mengatakan bahwa Anda tidak dapat memalsukan mikro ekspresi Anda dan itu merupakan petunjuk utama apakah yang dikatakan seseorang benar atau salah.

"Gerakan mikro adalah miniatur 'perkataan' mereka yang mungkin menunjukkan kebalikan dari yang mereka katakan," kata Winter. "Meskipun tidak mudah, namun jika kita memerhatikan lebih dalam dan merasa intuisi Anda mengatakan mereka berbohong mungkin itu adalah kebenarannya."

(Baca juga: Kenali Tanda Pasangan sedang Berbohong)


(Perhatikan gerak-gerik atau mimik wajah yang mereka buat selama sedang berbicara dengan Anda bisa membantu untuk mengetahui apakah seseorang berbohong kepada Anda atau tidak. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

2. Mengetahui sesuatu dengan sangat detail
Pembohong biasanya mengetahui apapun secara detail sebagai konsekuensi kebohongannya agar tidak terlihat, ujar Winter. Ia memberi tahu bahwa pembohong pemula biasanya akan sangat detail ketika menceritakan sebuah cerita. Terlalu banyak detail yang mereka ceritakan kepada Anda tersebut menunjukkan bahwa mereka berbohong.

3. Mata mereka akan bergerak ke kiri sebelum berbohong
Menurut Winter, salah satu hal yang bisa Anda perhatikan adalah mata mereka biasanya akan bergerak ke kiri setiap kali mereka berbohong. "Ketika mencoba mengingat suatu peristiwa, kita biasanya akan mengalihkan pandangan ke atas dan ke kanan tetapi ketika seseorang berbohong, mata mereka secara naluriah akan bergerak ke kiri."

4. Mereka terlihat gugup
Seseorang yang sedang berbohong mungkin akan berusaha untuk tidak terlihat ragu-ragu untuk meyakinkan orang lain tetapi tubuh mereka tidak bisa berbohong. Menurut Robert Glatter, MD, asisten profesor pengobatan darurat di Lenox Hill Hospital, ketika Anda berbohong maka saraf simpatik akan diaktifkan.

"Ketika sistem saraf simpatik diaktifkan, ini dapat menyebabkan tanda-tanda fisik yang terlihat seperti berkeringat, kedutan otot, suara yang tertekan, dan peningkatan ketegangan otot," kata Glatter.

5. Mereka tidak membicarakan sesuatu secara utuh
Salah satu ciri yang bisa terlihat adalah mereka tidak mau membicarakan sesuatu secara jelas dan utuh. Menghindari topik percakapan tertentu, menjadi defensif, atau menghindari kontak mata, adalah semua indikator bahwa orang yang Anda ajak bicara tidak sepenuhnya benar, ujar Winter.




(TIN)