Empat Makanan yang Membuat Anda Merasa Rileks

Raka Lestari    •    Selasa, 16 Oct 2018 12:58 WIB
tips kesehatan
Empat Makanan yang Membuat Anda Merasa Rileks
(Foto: Food Matters)

Jakarta: Makanan tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga berdampak pada kesehatan mental. Dengan menambahkan bahan-bahan makanan yang bisa membantu Anda merasa rileks ke dalam makanan dapat meningkatkan keseimbangan antara fokus dan ketenangan Anda. 

Dikutip dari Elite Daily, berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membantu Anda merasa rileks. 

1. Selai kacang

Untuk membuat hari Anda santai dan menyenangkan, sebaiknya Anda tidak melewatkan selai kacang. Menurut seorang ahli diet terdaftar, Jess English, selai kacang mengandung mineral penting seperti selenium, seng, magnesium, dan vitamin E, yang dapat membantu meningkatkan suasana hati dan membantu relaksasi. 

2. Kacang hitam

Menurut Lauren Harris-Pincus, MS, RDN, seorang ahli diet dan nutrisi yang juga seorang penulis buku The Protein-Packed Breakfast Club, kandungan magnesium yang terdapat dalam kacang hitam ini sangat baik untuk meningkatkan rileks Anda. Magnesium sangat bermanfaat untuk fungsi metabolisme namun banyak orang yang masih kekurangan nutrisi ini. 

3. Salmon

Menurut Harris-Pincus, salmon merupakan bahan utama yang paling baik untuk membuat Anda merasa tenang. 

"Ikan salmon dan beberapa jenis ikan lainnya seperti tuna adalah sumber asam lemak omega 3, yang telah terbukti berperan dalam mengurangi depresi dan kecemasan." 

Jika Anda tidak bisa mendapatkan ikan segar, tidak perlu khawatir untuk membeli ikan kalengan karena memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda dengan yang masih segar. 

4. Lavender

Mungkin Anda merasa bahwa lavender hanyalah bahan yang digunakan untuk membuat parfum atau hal-hal yang berhubungan dengan kosmetik saja, tetapi sebenarnya lavender adalah tumbuhan yang bisa dimakan. Menurut Food Network, lavender kering telah digunakan sejak lama untuk menyembuhkan berbagai penyakit termasuk insomnia, kecemasan, depresi, dan kelelahan. Anda bisa mengonsumsi lavender kering ditambahkan dengan bahan makanan lainnya jika merasa hal itu cukup aneh. 


(DEV)