Konsumsi Suplemen Omega-3 atau Ikan yang Lebih Baik bagi Jantung?

Torie Natalova    •    Jumat, 30 Nov 2018 07:00 WIB
kesehatan
Konsumsi Suplemen Omega-3 atau Ikan yang Lebih Baik bagi Jantung?
Omega-3 sangat baik untuk kesehatan kardiovaskular yang dapat menghindari Anda dari serangan jantung ataupun kanker. (Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)

Jakarta: Omega-3 sangat baik untuk kesehatan kardiovaskular yang dapat menghindari Anda dari serangan jantung ataupun kanker. Namun, dilansir dari Prima, penggunaan suplemen minyak ikan omega-3 tidak dapat melindungi Anda dari serangan jantung.

Ini berdasarkan hasil uji coba terhadap lebih dari 26 ribu orang Amerika sehat di atas usia 50 tahun. Penelitian menemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan setelah mereka mengonsumsi suplemen harian omega-3 atau vitamin D.

Menurut pakar kesehatan Naveed Sattar mengatakan, "Belum banyak bukti yang menunjukkan suplemen minyak ikan omega-3 dapat melindungi jantung Anda."


(Omega-3 sangat baik untuk kesehatan kardiovaskular yang dapat menghindari Anda dari serangan jantung ataupun kanker. Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)

(Baca juga: Cara Kreatif Mengenalkan Omega-3)

Di Inggris, senior dietitian Victoria Taylor mengatakan bahwa para dokter tidak merekomendasikan suplemen omega-3 untuk pencegahan penyakit jantung dan masalah peredaran darah, sejalan dengan temuan tersebut.

Dalam laman yang sama disebutkan juga meskipun suplemen telah direkomendasikan di masa lalu untuk orang-orang yang pernah mengalami serangan jantung, kini panduan tersebut banyak mengalami perubahan.

Rekomendasi terkini mengatakan bahwa membantu kesehatan jantung dengan mengonsumsi dua porsi ikan dalam seminggu.

"Ikan padat protein, bergizi dan mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Pilih ikan dengan jenis minyak sehat terbanyak seperti salmon dan sarden," simpul penelitian.




(TIN)