Mulut Anda Terasa Bau Logam? Ini Beberapa Penyebabnya

Torie Natalova    •    Selasa, 08 Jan 2019 09:50 WIB
bau mulut
Mulut Anda Terasa Bau Logam? Ini Beberapa Penyebabnya
Asam lambung atau gangguan pencernaan dapat menyebabkan munculnya rasa pahit atau sensasi terbakar. (Foto Ilustrasi: Kevin Laminto/unsplash.com)

Jakarta: Anda mungkin pernah merasakan rasa yang aneh di mulut seperti rasa logam. Menurut apoteker Rita Ghelani, secara medis rasa logam di mulut dikenal sebagai dysgeusia, sejumlah masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi selera Anda.

Salah satunya adalah penyakit gusi atau kerusakan gigi dapat menyebabkan rasa tidak enak di mulut. Aliran darah yang buruk, infeksi, dan puing-puing di mulut dapat memengaruhi produksi dan aliran air liur sehingga menyebabkan rasa tidak enak di mulut.

Selain penyakit gusi dan masalah gigi, ada beberapa penyebab bau logam pada mulut Anda seperti berikut:
1. Suplemen Vitamin
Suplemen vitamin yang mengandung logam seperti tembaga, zinc, kromium dan magnesium dapat menyebabkan rasa logam yang akan hilang saat tubuh memproses suplemen vitamin dan logam dari tubuh Anda. Obat flu juga mengandung zinc yang dapat sebabkan rasa logam di mulut terutama jika itu adalah obat pelega tenggorokan.

2. Infeksi pada Hidung dan Tenggorokan
Infeksi pada sinus dapat memengaruhi indera perasa dan bau. Peradangan pada sinus mengganggu cara lendir dibersihkan dari rongga hidung.

3. Awal Kehamilan
Tanda awal kehamilan adalah kurang nafsu makan dan mungkin perubahan rasa. Hormon dalam tubuh berfluktuasi selama hamil yang dapat pengaruhi indera perasa dan pencium.

4. Gangguan Pencernaan
Asam lambung atau gangguan pencernaan dapat menyebabkan munculnya rasa pahit atau sensasi terbakar di bagian belakang mulut. Ini disebabkan oleh asam dan empedu yang naik dari pipa makanan jika otot di atas perut melemah.

Lawan Faktor U, Tetap Sehat dan Produktif



(FIR)