Meski Tak Digunakan, Ponsel Ganggu Pola Tidur Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 02 Nov 2016 20:48 WIB
kesehatan anak
Meski Tak Digunakan, Ponsel Ganggu Pola Tidur Anak
Meski Tak Digunakan, Ponsel Ganggu Pola Tidur Anak (Foto: huffingtonpost)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa ponsel, tablet, dan komputer adalah penyebab anak-anak dan remaja terbangun di malam hari, meski gadget tersebut tak digunakan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam JAMA Pediatrics tersebut menemukan bahwa benda-benda tersebut berkontribusi dalam mengurangi kuantitas dan kualitas tidur, yaitu kurang tidur keesokan harinya. Sebanyak 72 persen anak-anak dan 89 persen remaja setidaknya memiliki satu alat tersebut di lingkungan tidur, dan kebanyakan di dekat kasur.

Setelah menganalisa ratusan studi tentang anak dan remaja berusia 6-19 tahun yang relevan, penelitian yang dipimpin oleh Dr. Ben Carter, dosen senior di bidang biostatistik di King’s College London, menemukan adanya hubungan yang konsisten dan kuat antara penggunaan teknologi di jam tidur dan kurang tidur.

Carter dan rekan-rekannya juga menemukan bahwa alat tersebut memengaruhi tidur meskipun tidak digunakan. Konten dalam alat elektronik tersebut secara psikologis menstimulasi dan cahaya yang dihasilkan dapat memengaruhi waktu dan kesadaran alami tubuh.

Hal tersebut tentu saja berbahaya bagi kualitas tidur anak-anak dan remaja dan menjadi perhatian besar masyarakat.

"Sangat penting bagi guru, petugas kesehatan, orang tua, dan anak untuk diedukasi mengenai pengaruh berbahaya dari alat tersebut terhadap pola tidur," demikian menurut studi.


(ELG)