Kornea Mata Wanita Ini Robek Akibat Terlalu Lama Pakai Lensa Kontak

Torie Natalova    •    Sabtu, 19 Nov 2016 16:08 WIB
kesehatan mata
Kornea Mata Wanita Ini Robek Akibat Terlalu Lama Pakai Lensa Kontak
Meabh McHugh Hill (Foto: facebook)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memakai lensa kontak memang praktis untuk Anda yang memiliki mata minus. Memakai lensa kontak berarti Anda bisa terbebas dari penggunakan kacamata yang mungkin mengganggu penampilan atau kenyamanan di mata.

Banyak orang memakai lensa kontak selama seharian. Menjaga kebersihan lensa kontak dan cara menggunakannya harus diperhatikan jika tidak ingin terkena iritasi.

Sayangnya, seorang wanita bernama Meabh McHugh Hill mengalami robek di bagian kornea mata saat ia membuka lensa kontak setelah 10 jam menggunakannya. Selain mengalami rasa sakit yang luar biasa, cedera mata seperti ni dapat menyebabkan kerusakan penglihatan total dan bahkan transplantasi kornea.

Meski kesakitan selama seminggu, beruntung mata atau penglihatan Meabh masih baik, walaupun sekarang dia memiliki mata yang sensitif.

Asisten profesor klinis di Touro Osteopathic College of Medicine di New York mengatakan, alasan hal tersebut terjadi sebenarnya cukup sederhana meski kejadiannya termasuk langka. Menurutnya, hal tersebut terjadi karena kesalah pengguna yang tidak memakainya secara perlahan.

Selama memakai lensa kontak dalam waktu cukup lama, ada beberapa hal yang terjadi. Deposit protein terbentuk pada lensa Anda, mata Anda kemudian semakin kekuragan oksigen dan permukaan mata menjadi kering.

Ketika mata Anda kering, lensa kontak semakin lengket di permukaan mata, seperti yang terjadi pada kasus Meabh. Jika lensa ini terjebak dan Anda mencobanya untuk memaksa keluar seperti yang Meabh lakukan, bisa dipastikan Anda akan mengalami kerusakan kornea yang serius.

Jadi bagaimana mencegah agar ini tidak terjadi?

Langkah pertama adalah memastikan Anda tidak memakai lensa kontak lebih lama dari waktu yang ditentukan, biasanya antara delapan hingga 12 jam. Kedua, jika Anda rentan mengalami kekeringan di mata, cobalah selalu memberikan air dengan obat tetes mata untuk membasahinya.

Ingat satu hal penting ini yaitu jangan pernah tidur dengan lensa kontak yang masih menempel di mata. Mata Anda cenderung kering di malam hari sehingga ketika bangun di pagi hari, lensa kontak bisa lengket di bola mata yang kering.

Jika lensa kontak Anda lengket di mata, jangan memaksa untuk melepaskannya. Segera basahi dengan memberi tetes mata atau cairan khusus dan tunggu beberapa menit. Biarkan mata membuat air mata sendiri dan kemudian membuat lensa kontak yang lengket lunak kembali.

Apabila cara tersebut tidak berhasil dan lensa Anda masih menempel, hubungi dokter untuk melepaskannya dari mata Anda.

Dan jika Anda mengalami nyeri saat melepaskan lensa kontak, sebaiknya segera ke dokter untuk meminta obat. Ini dikhawatirkan akibat iritasi lensa kontak yang dipakai.




(ELG)