Susu Murni Cegah Obesitas pada Anak?

Torie Natalova    •    Selasa, 22 Nov 2016 09:00 WIB
informasi kesehatan
Susu Murni Cegah Obesitas pada Anak?
(Foto: Boldsky)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda sedang berjuang menurunkan obesitas pada anak? Pilihannya adalah minum susu murni. Mengapa demikian?

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa minum susu murni dapat membuat anak-anak lebih ramping dan dapat meningkatkan kadar vitamin D, dibandingkan dengan susu rendah lemak atau susu skim.

Dalam studi tersebut, anak-anak yang minum susu murni (mengandung 3,25 persen lemak) memiliki indeks massa tubuh 0,72 unit lebih rendah dibanding mereka yang minum satu atau dua persen susu rendah lemak.

Menurut Dokter Anak di RS St Michael Ontario, Kanada, Jonathan Maguire ini sebanding dengan perbedaan antara memiliki berat badan yang sehat dan kelebihan berat badan.

Ini mungkin terjadi karena anak-anak yang minum susu penuh lemak kemungkinan besar kurang merasa lapar, dan ini membuat mereka cenderung makan camilan yang tinggi kalori.

Selain itu, anak-anak yang minum satu cangkir susu murni setiap hari memiliki kadar vitamin D yang lebih baik dibanding mereka yang minum hampir tiga kali lebih banyak susu skim. Asupan vitamin D dapat melindungi tulang dan sistem kekebalan tubuh anak.

Kondisi ini bisa terjadi karena vitamin D larut dalam lemak, yang berarti larut dalam lemak dibanding air. Susu dengan kandungan lemak tinggi mengandung lebih banyak vitamin D. Maguire mengatakan, anak-anak yang minum susu rendah lemak tidak memiliki lemak tubuh yang sedikit. Mereka juga tidak mendapatkan manfaat dari kadar vitamin D yang ada pada susu murni.

Dalam studi ini, peneliti melakukan penelitian terhadap 2.745 anak-anak dengan usia dua hingga enam tahun. Temuan menunjukkan perlunya meneliti pedoman gizi yang merekomendasikan anak-anak yang berusia di atas dua tahun untuk minum dua porsi susu rendah lemak agar anak terhindar dari obesitas.

 


(DEV)