Manfaat Vitamin D untuk Penderita Kanker Payudara

Nia Deviyana    •    Selasa, 15 Nov 2016 14:35 WIB
kanker
Manfaat Vitamin D untuk Penderita Kanker Payudara
Vitamin D sendiri tak hanya terdapat pada produk susu, tetapi juga bisa diperoleh dari sinar matahari pagi. (Foto: Cdn2.stylecraze)

Metrotvnews.com, Jakarta: Asupan vitamin D yang tinggi, berdasarkan penelitian mampu meningkatkan kualitas hidup penderita kanker payudara. Bahkan, efek positifnya cukup berpengaruh pada perempuan di masa premenopause.

Peneliti mengobservasi data 1.666 pasien kanker payudara di Kaiser Permanente, dan mengamati kesehatan mereka selama tujuh tahun.

Hasilnya, pasien dengan kadar vitamin D di atas 25 nanogram per mililiter memiliki 28 persen peluang untuk bertahan hidup dibandingkan dengan pasien yang dalam tubuhnya hanya terdapat 17 nanogram per mililiter vitamin D. Hasil ini tetap sama bahkan setelah peneliti memasukan banyak faktor seperti stadium dan jenis tumor.

(Baca juga: Cukupi Kebutuhan Vitamin D dengan Berjemur)

Pada perempuan premenopause, efeknya lebih bagus. Setelah disesuaikan dengan variabel lain, mereka yang mengasup vitamin D tinggi memiliki peluang hidup hingga 55 persen.

Bagi mereka yang sehat, vitamin D tak hanya baik untuk kesehatan tulang, tetapi juga menurunkan risiko terkena penyakit invasif dan risiko kematian akibat kanker payudara sebesar 63 persen.

Mengapa demikian?

Beberapa studi menemukan, metabolit aktif vitamin D yang dikenal dengan calcitriol kemungkinan adalah zat antikanker. Hal ini telah diujicoba pada tikus, dan terbukti calcitriol mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker, menghambat pertumbuhan tumor, dan menstimulasi pertumbuhan sel sehat.

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, mencukupi asupan vitamin D bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan kualitas hidup penderita kanker payudara, sekaligus mencegah penyakit tersebut. Vitamin D sendiri tak hanya terdapat pada produk susu, tetapi juga bisa diperoleh dari sinar matahari pagi. 






(TIN)