Makan Roti Gandum Tetap Bikin Perut Kelaparan

Torie Natalova    •    Senin, 14 Nov 2016 11:46 WIB
diet
Makan Roti Gandum Tetap Bikin Perut Kelaparan
Makanan tanpa komponen serat, lemak, dan protein dapat membuat Anda merasa lapar lagi dalam waktu singkat. (Foto: Womenshealthmag)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perut yang kosong membuat Anda kelaparan dan ini dapat mengacaukan konsentrasi hingga mood Anda. Memang, camilan tertentu bisa mengganjal perut sementara sebelum diisi dengan makanan utama. Namun, ini biasanya tidak berlangsung lama.

Makanan yang berserat, berlemak dan berprotein dapat membuat perut kenyang. Makanan tanpa komponen tersebut dapat membuat Anda merasa lapar lagi dalam waktu singkat.

Jika Anda menggemari beberapa makanan berikut ini, sebaiknya pikirkan kembali untuk menyantapnya sebagai menu utama. Karena, makanan ini tidak bisa mengenyangkan perut Anda.



1. Roti gandum
Roti gandum sangat dikenal kaya dengan serat. Namun, roti gandum diproses melebihi dari biji-bijian utuh seperti oat dan quinoa. Roti gandum juga sangat rendah lemak dan protein yang dapat memberi rasa kenyang pada perut.

Bagi Anda yang sedang diet, beri tambahan lemak sehat seperti selai kacang, telur atau alpukat. Kalori ekstra dapat membuat Anda kenyang lebih lama.



2. Jus buah dan green smoothie
Buah menyediakan banyak vitamin, mineral dan serat tapi tidak memiliki protein dan lemak. Ini masih bisa membuat Anda merasa lapar. Banyak orang yang diet mengonsumsi jus di pagi hari sebagai pengganti sarapan. Padahal, jus dapat membuat Anda merasa tidak makan apapun. Sebaiknya, pilih mengonsumsi salad dan beri topping yogurt atau oatmeal dengan buah segar.

Begitupun dengan green smoothies. Minuman ini memiliki kalori yang rendah, tinggi gula buah dan tidak mengandung protein dan lemak. Anda bisa mengganti buah dengan sayuran dan tambahkan lemak sehat seperti alpukat atau sumber protein seperti protein whey.





(Baca juga: 4 Kesalahan Diet yang Bikin Tubuh Gemuk)



3. Putih telur

Setiap butir telur mengandung protein 3-4 gr yang secara teknis membuat Anda lebih kenyang. Putih telur sangat renadh kalori dan hampir bebas lemak. Sedangkan kuning telur mengandung nutrisi sehat seperti lutein untuk mata yang sehat dan beberapa protein dan lemak sehat.



4. Produk susu tanpa lemak
Susu dan yogurt bebas lemak memiliki kalori yang lebih sedikit, tetapi sedikit pula mengisi perut Anda. Karena, tidak ada lemak untuk memperlambat pemecahan gula alami yang ada dalam susu sehingga dapat terbakar dengan cepat. Jadi, hindari minum susu skim dan pilih susu kacang serta Greek yogurt karena lebih tinggi protein yang membuat Anda kenyang lebih lama.



5. Biskuit gandum
Seperti roti gandum, biskuit gandum memberikan dosis serat untuk jantung sehat, tetapi Anda mendapatkan sebagian besar karbohidrat tanpa banyak protein atau lemak sehingga rasa lapar masih akan terus bergejolak. Jika Anda ingin makan camilan, pilih yang mengandung lemak dan protein tinggi.







(TIN)