3 Makanan yang Bisa Membuat Sendi Sakit

Torie Natalova    •    Sabtu, 26 Nov 2016 11:12 WIB
kesehatan
3 Makanan yang Bisa Membuat Sendi Sakit
3 Makanan yang Bisa Membuat Sendi Sakit (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika sendi kaku dan membengkak, rasa sakit pun tak dapat dihindari. Bergerak sedikit saja di bagian sendi yang kaku bisa membuat Anda tak nyaman untuk beraktivitas.

Meskipun tidak ada cara untuk memastikan nyeri sendi Anda hilang selamanya, penelitian menunjukkan makanan tertentu yang mengandung anti peradangan seperti minyak zaitun, kacang-kacangan dan ikan bisa membantu meredakan nyerinya.

Ada tiga makanan yang bisa memicu radang sendi hingga menyebabkan nyeri seperti berikut ini.

1. Tomat
Meskipun tomat biasanya dianggap memiliki anti peradangan, mereka yang menderita jenis tertentu dari arthritis yang disebut gout, telah lama berpikir bahwa tomat dapat memicu nyeri. Sebuah penelitian melaporkan, tomat dapat memicu radang sendi. Pada penelitian yang dilakukan terhadap 12.720 orang yang tidak memiliki gout, ditemukan bahwa tomat dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah mereka.

Namun, jangan menolak makan tomat. Bagi Anda yang rentan terkena nyeri sendi, jangan berlebihan makan tomat yang asam.

2. Jagung, bunga matahari, kacang kedelai dan minyak kedelai
Anda mungkin sering mendengar asam lemak omega 3 seperti yang terdapat dalam kacang kenari dan salmon baik untuk kesehatan. Tapi, pernahkah Anda mendengar asam lemak omega-6? Asam lemak omega 6 ditemukan dalam makanan yang digoreng, margarin, kuning telur dan daging. Asam lemak omega 6 dapat menyebabkan asma, penyakit jantung dan peradangan.

Peneliti menyarankan mereka yang memiliki radang sendi mengurangi makanan yang mengandung omega 6 untuk menghindari peradangan.

3. Minuman soda
Minuman soda yang terlalu manis dapat memicu penyakit diabetes dan penyakit jantung. Konsumsi gula berlebih dapat memicu pelepasan pesan peradangan yang disebut sitokin. Ketika peneliti meganalisis data dari penelitian selama 30 tahun, mereka menemukan hubungan antara konsumsi soda dan risiko nyeri sendi.

Wanita yang minum satu atau lebih soda dalam dalam sehari memiliki risiko 63 persen lebih besar mengalami radang sendi daripada mereka yang tidak meminumnya sama sekali.




 


(ELG)