Kebiasaan Berikut Sebabkan Kualitas Tidur Menurun

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 11 Nov 2016 11:15 WIB
kesehatan
Kebiasaan Berikut Sebabkan Kualitas Tidur Menurun
Sebuah data survei menunjukkan bahwa warga Amerika secara kolektif mengecek smartphone mereka 8 juta kali setiap hari. (Foto: Dailymail)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLUS ONE mengungkapkan bahwa waktu tidur malam banyak tercuri untuk melihat layar smartphone. 

Mereka yang menggunakan ponsel lebih sering terutama saat waktu tidur, mendapatkan kualitas tidur yang lebih buruk dibandingkan mereka yang tidak. 

"Ada bukti yang kuat dimana kualitas tidur yang buruk tidak semata-mata berhubungan dengan kesulitan konsentrasi dan suasana hati yang buruk keesokan harinya. Namun bisa menjadi faktor risiko pada beberapa penyakit," tukas Dr. Gregory Marcus, salah satu peneliti studi dan direktur penelitian klinis untuk divisi kardiologi di University of California, San Francisco, Amerika. 

(Baca juga: 6 Kebiasaan Tidur yang Bisa Merusak Kulit Anda)

Studi selama 30 hari tersebut meneliti 653 orang dewasa di negera tersebut dengan cara mengunduh sebuah aplikasi yang dapat memantau banyaknya seseorang melihat ke smartphone. Kemudian, aplikasi tersebut merekam berapa lama dan bagaimana kualitas tidur mereka, berdasarkan skala tidur standar. 

Rata-rata orang berinteraksi dengan ponsel mereka 3,7 menit per jam, dan layar yang semakin lebar membuat mereka semakin bertahan. 

"Secara keseluruhan, mereka yang lebih sering menggunakan smartphone memiliki kualitas tidur yang rendah," ujarnya. 

Sebuah data survei menunjukkan bahwa warga Amerika secara kolektif mengecek smartphone mereka 8 juta kali setiap hari. 






(TIN)