Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

Karina Yunita    •    Senin, 12 Sep 2016 17:21 WIB
kesehatan
Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mata
(Foto: Allabouteyes) Kesehatan mata Anda sama pentingnya dengan kesehatan tubuh Anda.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika Anda bangun di pagi hari, sekitar Anda mungkin sedikit tampak kabur. Setelah beberapa menit, kabur memudar dan Anda dapat melihat hal-hal dengan baik.

Ketika Anda pergi sepanjang hari, mata Anda pun ikut lelah dan hal tersebut membuat Anda sulit membaca tulisan di papan. Mata Anda bahkan bisa sedikit terluka jika sepanjang hari Anda lama menatap monitor.

Anda bisa mencoba beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata.

1. Periksa mata
Pertama dan terpenting, Anda harus mengunjungi dokter mata Anda setiap dua tahun dan periksakan mata. Dokter Anda akan melihat jika ada masalah. Jika Anda memakai lensa korektif, Anda harus mengunjungi dokter mata Anda lebih sering untuk memastikan Anda masih bisa melihat dengan baik.

2. Makanan yang tepat
Cara lain untuk memastikan kesehatan mata yang baik adalah mengasup makanan yang tepat. Berbagai  vitamin dan mineral serta omega 3, asam lemak, vitamin C, juga vitamin E, dapat Anda temukan dalam berbagai jenis makanan. Beberapa vitamin dan mineral terdapat di dalam alpukat, kacang polong, beet, berries, brokoli, dan masih banyak lagi.

3. Berhenti Merokok
Menurut studi terbaru, merokok mempengaruhi kesehatan mata Anda, serta kesehatan Anda secara keseluruhan. Studi-studi ini telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kerusakan saraf optik, katarak, dan lainnya. 

4. Resiko Lensa Kontak
Lensa kontak dapat memberi bakteri dan kotoran ke dalam mata Anda. Untuk mengurangi risiko berkembangnya infeksi, pastikan agar lensa kontak Anda masuk dengan bersih dan pastikan tangan Anda juga bersih.

5. Terlalu Lama di Depan Layar
Pekerjaan Anda mungkin mengharuskan Anda untuk melihat layar komputer sepanjang hari. Dan jika Anda menggunakan ponsel, tablet, atau perangkat elektronik lainnya secara rutin, Anda mungkin menghabiskan banyak waktu setiap hari menatap layar. Bahkan, satu studi menemukan bahwa orang-orang di AS melihat layar elektronik untuk rata-rata 7,4 jam dalam satu hari. kesehatan mata Anda adalah sama pentingnya dengan kesehatan Anda secara keseluruhan. 


(TIN)