Penyebab Tangan Kebas Selama Hamil

Yatin Suleha    •    Kamis, 06 Oct 2016 10:00 WIB
kehamilan
Penyebab Tangan Kebas Selama Hamil
Tangan kebas ketika hamil biasanya disebabkan oleh Carpal Tunnel Syndrome (sindrom lorong karpal). (Foto: Pinimg)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seringkali ketika hamil mengalami gejala kehamilan yang sedikit "aneh." Salah satunya tangan yang kebas. Mengapa hal ini bisa terjadi? Dr. Budi Iman Santoso, SpOG, dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, menerangkannya untuk Anda.

1. Apa penyebab tangan kebas saat hamil?
Tangan kebas ketika hamil biasanya disebabkan oleh Carpal Tunnel Syndrome (sindrom lorong karpal). Hal ini terjadi karena pada saat hamil, terjadi peningkatan berat badan dan cairan di dalam tubuh yang menimbulkan penekanan pada persarafan di daerah tangan. Sindrom lorong karpal biasa terjadi pada trimester kedua dan trimester ketiga.

(Baca juga: Bayi Hasil Caesar Cenderung Mengalami Obesitas)

2. Apakah bisa dihindari, dan apakah semua ibu hamil bisa mendapati hal ini ? 
Ya, dengan cara menjaga asupan makanan yang seimbang  (tinggi protein dan rendah lemak) untuk mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan. 

Akan tetapi tidak semua ibu hamil akan mengalami hal ini, biasanya hal ini terjadi pada ibu hamil yang mempunyai berat badan berlebih (overweight)  dan faktor genetik keluarga yang mempunyai penyakit saraf. 

3. Bagaimana cara mengatasinya? 
Penyakit ini dapat diatasi dengan mengurangi beban tangan yang mengalami sindrom lorong karpal, yaitu dengan istirahat yang cukup, serta melakukan pemijatan pada daerah yang sakit. Penyakit ini biasanya teratasi saat bayi telah lahir dan berat badan ibu kembali seperti sedia kala.







(TIN)

Video /