6 Cara Merawat BBLR di Rumah

Yatin Suleha    •    Senin, 10 Oct 2016 07:00 WIB
kesehatan anak
6 Cara Merawat BBLR di Rumah
BBLR atau Berat Bayi Lahir Rendah adalah bayi yang dilahirkan dengan berat badan kurang dari 2.500 gr. (Foto: Fomadez)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mungkin Anda sudah pernah mendengar istilah BBLR. Lalu, apa sebenarnya BBLR ini? Bagaimana dengan penanganannya di rumah?

Dr. Elisabeth Hutapea, SpA, dari RS Royal Taruma, Jakarta mengatakan bahwa BBLR atau Berat Bayi Lahir Rendah adalah bayi yang dilahirkan dengan berat badan kurang dari 2.500 gr. Sedangkan, bayi prematur atau neonatus kurang bulan (NKB), adalah bayi yang dilahirkan sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu. 

Data dari IDAI sendiri menyebutkan bahwa kurang dari 15 persen dari bayi lahir hidup adalah prematur. 

Menurut dr. Elis, BBLR bisa dialami baik pada bayi yang prematur maupun yang cukup bulan. Dan risiko yang dialami bayi prematur maupun BBLR adalah hipotermia atau suhu tubuh di bawah 36,5 C (pada pemeriksaan suhu di ketiak). "Hipotermia ini juga sangat berbahaya, karena bisa menimbulkan nyeri hingga kematian," jelas dr. Elis.

Bagaimana merawat bayi dengan BBLR di rumah?
Sepulang dari tempat perawatan, ada beberapa tips yang diberikan oleh dr. Elis:

1. Suhu ruangan
Perhatikan suhu ruangan bayi. Sebaiknya, tidak menggunakan AC terlalu dingin.

2. Pakaian bayi
Sebaiknya pakaikan bayi dengan pakaian yang tidak terbuka dan tidak terlalu tebal. Pilihlah bahan yang nyaman untuk bayi.

(Baca juga: Waktu yang Tepat Menyentuh Bayi Anda)

3. Cara sendawa 
Sendawakan bayi setelah minum ASI, karena bayi BBLR mudah gumoh.

4. Posisi tidur
Perhatikan posisi tidur bayi BBLR. Tidak diberikan banyak mainan dan boneka di sekeliling tempat tidurnya karena bisa menghalangi jalan napas. "Posisi tidurnya tidak terlalu menekuk ke bawah atau terlalu menengadah. Pastikan jalan napas tidak terhalang."

5. Mandi cepat tepat
Mandi bayi BBLR tidak boleh terlalu lama. "Lakukan persiapan dulu, agar ketika selesai mandi, bayi bisa langsung dipakaikan baju."

6. Minum ASI
Pola minum ASI bayi BBLR adalah sedikit namun sering. "Jadi, jangan memberikan porsi ASI seperti bayi normal. Berikan sedikit-sedikit, lalu naikkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan bayi. Kemampuan minum bayi normal adalah 30-60 ml. Bayi BBLR di bawah itu."







(TIN)