Kayu Manis Bermanfaat untuk Kesehatan

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 08 Oct 2016 19:37 WIB
kesehatan
Kayu Manis Bermanfaat untuk Kesehatan
Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian dari Scientic Reports menemukan bahwa kayu manis dapat menurunkan tekanan perut hingga -15 derajat Celcius.

Studi yang diuji coba pada hewan babi ini mengungkapkan bahwa hal tersebut juga berlaku untuk manusia. Konsumsi makanan yang dicampurkan dengan kayu manis dapat menurunkan kadar karbon dioksida pada perut babi sehingga tubuh menjadi lebih dingin.

"Kayu manis juga melindungi dinding lambung dan usus kecil, yang pada dasarnya melindungi usus secara keseluruhan," ujar peneliti Kourosh Kalantar-zadeh pada Huffington Post.

Ia menambahkan, babi yang makan kayu manis juga menunjukkan peningkatan kesehatan secara signifikan. Para peneliti percaya bahwa tanaman tersebut mampu menurunkan kadar asam lambung dan pepsin dalam usus sehingga membantu aliran darah di dinding perut semakin lancar ke pencernaan.

Meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, Kalantar-zadeh menyakinkan bahwa konsumsi satu gram kayu manis akan memberi banyak manfaat kesehatan.

"Nenek moyang kita sudah menyatakan bahwa kayu manis baik bagi kesehatan dari sejak lama," ungkapnya.

Namun Departemen Kesehatan Amerika Serikat memeringatkan, konsumsi lebih dari enam gram kayu manis setiap hari selama enam minggu berturut-turut akan menyebabkan Anda keracunan.




(ELG)