Pada Usia Berapa Susu UHT Aman untuk Anak?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 13 Dec 2017 15:30 WIB
perkembangan anaksusu
Pada Usia Berapa Susu UHT Aman untuk Anak?
Susu UHT adalah susu yang dipanaskan dengan suhu 135 derajat Celcius dalam waktu 2-4 detik untuk menghilangkan semua bakteri patogen. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Susu UHT (Ultra-high Temperature) adalah jenis susu yang baik bagi tubuh karena penerapan pemprosesan yang baik dengan kemasan yang terlindungi. 

Susu UHT adalah susu yang dipanaskan dengan suhu 135 derajat Celcius dalam waktu 2-4 detik untuk menghilangkan semua bakteri patogen, memastikan hanya sedikit nutrisi yang hilang, dan menjaga kesegaran susu. 

Namun, kapankah usia yang tepat untuk anak meminum susu tersebut?

"Susu diluar Air Susu Ibu (ASI) diajurkan tak diberikan sebelum anak berusia 2 tahun," jawab pakar gizi Emilia E Achmadi dalam Konferensi Media Edukasi Susu UHT: Susu Bergizi Kesukaan Anak, Rabu 13 Desember 2017. 

(Baca juga: Susu dan Telur Sumber Protein Terbaik)


(Susu UHT adalah susu yang dipanaskan dengan suhu 135 derajat Celcius dalam waktu 2-4 detik untuk menghilangkan semua bakteri patogen. Foto: Pixabay.com)

Hal ini dikarenakan percernaan anak masih belum 100 persen berkembang sehingga hanya bisa mencerna suatu makanan tertentu. ASI tergolong makanan yang mudah dicerna karena memiliki protein, gula, dan nutrisi lain yang mudah dipecah dan diserap oleh tubuh. 

Pada usia 2 tahun, pencernaan anak sudah berkembang seperti pencernaan orang dewasa dimana makanan yang masuk ke dalam tubuh sudah bisa bervariasi. 

"Namun, tetap harus bertahap dalam pemberian makanan," ia memperingatkan. 

Demikian juga dalam pemberian susu UHT, Emilia menyarankan agar mencampurkannya dengan ASI pada pengenalan awal. Hal ini dikarenakan jenis protein kedua susu tersebut berbeda. "Awalnya mungkin akan kaget, bisa berdampak pada sakit perut atau diare, namun lama-lama akan terbiasa," tutup Emilia. 










(TIN)