Cara Ampuh Hilangkan Komedo yang Membandel

Yatin Suleha    •    Senin, 26 Feb 2018 16:25 WIB
kesehatan kulit
Cara Ampuh Hilangkan Komedo yang Membandel
Jika masih saja banyak komedo yang membandel, Anda bisa membersihkannya di praktik dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif. (Foto: Dmitriy Ilkevich/Unsplash.com)

Jakarta: Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit memang penting, salah satunya adalah wajah. Namun akan sangat mengganggu jika hidung Anda berbintik hitam kecil karena ulah si komedo yang nakal. 

Sudah jumlahnya banyak warnanya yang hitam juga cukup mengganggu. Bisa jadi Anda jadi tak percaya diri (PD). Nah, berikut ini beberapa tips praktis dari Linsay Lohan untuk menghilangkan komedo yang bisa Anda lakukan.

1. Perbaiki masalah yang ada
Hal pertama yang bisa Anda ketahui soal komedo adalah mengenali dulu apa itu blackheads atau komedo hitam (bincul hitam). 

"Blackheads adalah sejenis jerawat yang terbentuk ketika pori-pori tersumbat kotoran dengan minyak atau sel kulit mati. Penuhnya pori-pori tersebut terkena oksigen (mengoksidasi) kemudian terjadilah warna hitam," ujar Biba de Sousa, seorang dokter ahli kecantikan kulit di Beverly Hills, Amerika.

(Baca juga: Ini Alasan Mengapa Jerawat Meninggalkan Bekas)


(Jika masih saja banyak komedo yang membandel, Anda bisa membersihkannya di praktik dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif. Foto: Dc Lovensky/Unsplash.com)

2. Exfoliate
Exfoliate menggunakan kulit kerang, gulam, garam, dan bahan lainnya memngelupaskan kulit mati. Namun masalahnya Anda kebanyakan orang menggunakan formula abrasif dan menekan terlalu keras.

"Lupakan cara kasar yang bisa menekan kulit Anda dengan keras dan lakukan dengan metode yang lebih lembut. Aku paling suka exfoliate dengan bahan bubuk beras," ucap Debra Jaliman, MD, dokter spesialis kulit.

"Bahan tersebut tidak menghilangkan bincul hitam dengan kasar, melainkan dengan membersihkan kotoran, minyak, dan kulit mati selalu membersihkan lubang pori tanpa menyebabkan iritasi," ucap Jaliman.

3. Metode "Skin gritting"
Metode Skin gritting ini sempat menjadi viral di beberapa media sosial. Penggunaannya yaitu mengaplikasikan minyak, lalu masker seperti tanah lempung di area hidung, lalu bersihkan.

Langkah selanjutnya adalah menggosok area hidung dengan tangan menggunakan minyak tertentu untuk mencopotkan komedo yang masih menempel.

Jika masih saja banyak komedo yang membandel, Anda bisa membersihkannya di praktik dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif.








(TIN)