Ketahui Manfaat Lemak Sehat di Dalam Alpukat

Raka Lestari    •    Kamis, 22 Mar 2018 14:31 WIB
tips kesehatan
Ketahui Manfaat Lemak Sehat di Dalam Alpukat
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Lemak sering dianggap sebagai nutrisi yang jahat. Padahal, tubuh memerlukan lemak untuk menjalankan beberapa fungsi. Bicara soal lemak, alpukat bisa menjadi alternatif makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi karena kandungan lemak tak jenuhnya.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), satu buah utuh alpukat mengandung 322 kalori, salah satunya terkandung lemak sehat.

Seperlima buah alpukat memenuhi hampir 20 persen dari nilai harian serat yang dibutuhkan tubuh. Alpukat juga merupakan sumber vitamin C yang baik, yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap kenyal dan sehat.

Dengan mengonsumsi alpukat, Anda akan mendapatkan vitamin K yang berguna untuk pembentukan tulang, serta folat yang bagus untuk perkembangan otak bayi. Selain itu, alpukat juga mengandung lebih banyak potasium daripada pisang.

Dilansir dari Women's Health Magazine, mengonsumsi alpukat secara rutin dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan sindrom metabolik, menurunkan kolesterol jahat, dan mengurangi lemak perut. Alpukat juga membantu Anda tetap kenyang di antara waktu makan.

Satu buah alpukat utuh mengandung hampir 20 gram lemak tak jenuh tunggal. Jika Anda makan satu buah alpukat utuh untuk sarapan, Anda sudah memenuhi sepertiga dari asupan lemak harian Anda.

Alpukat memiliki tekstur yang lembut dan creamy. Anda juga bisa menjadikan alpukat sebagai tambahan makanan, seperti salad atau tambahan untuk roti panggang Anda saat sarapan.


Lihat video:




(DEV)