Selain Kelelahan, Ada 4 Dampak Negatif dari Diet Ketogenik

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 29 Dec 2017 08:00 WIB
diet
Selain Kelelahan, Ada 4 Dampak Negatif dari Diet Ketogenik
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Diet ketogenik menjadi salah satu jenis diet yang digemari para wanita. Mengadopsi makanan tinggi lemak dan rendah karbohidrat, diet ketogenik diklaim sukses dalam menurunkan berat badan.

Dengan asupan rendah karbohidrat, persediaan gula di dalam tubuh diharapkan habis sehingga tubuh bisa memaksimalkan pembakaran kalori dari lemak dan protein.

Namun, diet ketogenik juga memiliki kekurangan, berikut ini seperti dilansir dari Times of India.

1. Kelelahan

Karbohidrat merupakan sumber makanan yang paling mudah dibakar untuk menghasilkan energi, baik untuk beraktivitas maupun berfikir. Kurang asupan karbohidrat membuat Anda cepat merasa lelah.

2. Bau mulut

Zat keton yang dihasilkan dari pembakaran protein memiliki efek samping bau mulut. Hal ini disebabkan karena tingginya kadar keton seperto aseton dalam tubuh, yang ada dalam nafas.

3. Sembelit

Tubuh memerlukan karbohidrat dalam mengatur metabolismenya. Bila Anda kekurangan atau bahkan tak makan karbohidrat sama sekali, Anda akan mengalami sembelit.

4. Terlalu banyak konsumsi makanan olahan

Kecenderungan mengonsumsi makanan olahan tinggi lemak dan protein bisa menunjukkan efek pada kulit dan rambut. Makanan olahan memiliki perasa dan bahan rahasia lainnya sehingga membuat Anda ketagihan.

5. Kelaparan

Meskipun merasa kenyang karena kadar lemak dan protein tinggi, tapi perlahan tubuh mulai meminta glukosa untuk menghasilkan energi. Sementara glukosa hanya berasal dari karbohidrat.




(DEV)