Makan Telur, Kunci Anak Jenius

Raka Lestari    •    Senin, 08 Jan 2018 16:39 WIB
tumbuh kembang bayi
Makan Telur, Kunci Anak Jenius
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Putih telur merupakan sumber protein hewani yang bebas kolesterol, sedangkan kuning telur adalah sumber makanan yang kaya akan kolin, nutrisi penting yang membantu perkembangan otak, membantu Anda mempertahankan fokus, dan meningkatkan daya ingat.

Telur juga dilengkapi dengan asam dokosaheksaenoat (DHA), asam lemak omega-3 yang berfungsi sebagai komponen struktural otak dan dianggap sebagai makanan super untuk otak.

Sebuah studi baru dari Washington University di St. Louis menunjukkan bahwa memberi makan telur kepada bayi setelah usia enam bulan menghasilkan konsentrasi kolin dan DHA yang bisa meningkatkan kemampuan otak anak. Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition tersebut juga menemukan bahwa mengenalkan telur kepada bayi pada usia enam bulan dapat meningkatkan pertumbuhan anak-anak secara signifikan.

Pada studi tersebut, terdapat 163 bayi yang berusia 6-9 bulan yang berasal dari Ekuador yang secara acak diberikan satu telur setiap harinya selama 6 bulan berturut-turut, sementara bayi lainnya tidak diberikan telur sama sekali.

Pada akhir penelitian para peneliti menemukan bahwa setelah enam bulan, kelompok bayi yang diberikan telur memiliki konsentrasi Kolin, DHA, dan beberapa nutrisi penting lainnya dalam aliran darah mereka secara signifikan. Dan sebagai bonus tambahan, tidak ada reaksi alergi yang dilaporkan.

"Temuan ini mendukung hipotesis kami bahwa memperkenalkan telur pada umur awal bayi secara signifikan dapat meningkatkan kolin dan pertumbuhan metabolisme," ujar para peneliti dalam studi tersebut.

Mengenalkan telur sejak awal kehidupan bayi Anda, tidak hanya bermanfaat bagi pertumbuhan fisik, tetapi juga perkembangan otak.




(DEV)