6 Langkah Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita Diabetes

Anggi Tondi Martaon    •    Rabu, 06 Dec 2017 16:46 WIB
diabetes
6 Langkah Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita Diabetes
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Diabetes merupakan penyakit yang salah satunya dipicu oleh gaya hidup buruk. Banyak orang malas bergerak, gemar mengonsumsi junk food, dan lebih memilih minuman bersoda ketimbang air putih.

Perubahan gaya hidup ke arah yang lebih sehat dapat menghindarkan Anda dari risiko diabetes. Gaya hidup sehat juga dapat meningkatkan kualitas hidup penderita yang mengidap diabetes akibat genetik.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol diabetes seperti dilansir dari Web MD.

1. Makan sehat

Asupan makanan harus menjadi perhatian utama penderita diabetes. Sebab, makanan dengan indeks glikemik tinggi, dapat meningkatkan gula darah.

Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

2. Olahraga

Penderita diabetes disarankan aktif melakukan latihan fisik. Tidak harus pergi ke pusat kebugaran, Anda bisa berjalan santai, bersepeda, atau bermain game ringan selama 30 menit.

3. Medical check up

Melakukan chek up kesehatan setidaknya dua kali dalam setahun perlu dilakukan oleh penderita diabetes untuk mengontrol apakah gula darah stabil atau tidak, berpotensi menyebabkan komplikasi atau tidak.

4. Mengelola stres

Mengelola stres perlu dilakukan karena gula darah sangat rentan mengalami kenaikan saat banyak pikiran. Anda bisa mengurangi stres dengan latihan pernapasan, yoga, atau hobi yang menenangkan.

5. Berhenti merokok

Perokok aktif harus menghentikan kebiasaan mengisap nikotin setelah divonis diabetes. Ini penting untuk menghindari hadirnya komplikasi dan peningkatan diabetes ke level tinggi.

6. Hindari alkohol

Penderita diabetes akan lebih mudah mengontrol gula darah jika tidak terlalu banyak minum minuman beralkohol. Sebab, alkohol bisa membuat gula darah Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah.

American Diabetes Association menyarankan, wanita yang minum alkohol seharusnya tidak minum lebih dari satu kali sehari dan pria seharusnya tidak lebih dari dua. Selain itu, Anda juga disarankan minum insulin atau minum obat saat Anda sedang mengkonsumsi alkohol. Jadi, lebih baik jika menghindarinya sama sekali.


 


(DEV)