Tiga Alasan Penyebab Gagalnya Menurunkan Berat Badan

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 20 Dec 2017 12:38 WIB
diet
Tiga Alasan Penyebab Gagalnya Menurunkan Berat Badan
Pembatasan makanan terkadang membuat Anda justru fokus pada asupan yang tak boleh dimakan. Akan lebih baik jika Anda memusatkan diri lagi pada tujuan utama diet Anda. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Survei Kesehatan Jantung Nasional Tahunan melaporkan separuh dari semua orang Australia berusia antara 25 dan 49 tahun mencoba menurunkan berat badan. Sayangnya percobaan tersebut tidak membuahkan hasil yang baik.

Menurut survei tersebut, semakin giat orang untuk menurunkan berat badannya semakin besar pula untuk tidak mencapai hasil terbaik. Tercatat sebanyak 60 persen orang Australia mengalami obesitas.

Dilansir dari News.com.au, terdapat tiga alasan mengapa orang selalu gagal dalam menurunkan berat badannya.

1. Tidak konsisten
Pada dasarnya manusia tidak suka dibatasi. Begitu mereka melakukannya secara psikologis memusatkan perhatiannya pada pembatasan terhadap beberapa makanan. Namun pembatasan tersebut hanya membuatnya semakin menginginkan makanan tersebut sehingga pembatasan tersebut tidak bertahan lama. Pada akhirnya kebiasaan lama kembali mengakar membuat berat badan kembali bertambah.


(Pembatasan makanan terkadang membuat Anda justru fokus pada asupan yang tak boleh dimakan. Akan lebih baik jika Anda memusatkan diri lagi pada tujuan utama diet Anda. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: 5 Rahasia Sukses Menurunkan Berat Badan)

2. Penurunan metabolisme
Fokus menurunkan berat badan malah berimbas pada penurunan metabolisme. Mengurangi sejumlah asupan makanan juga mengurangi sejumlah massa otot karena massa otot adalah jenis jaringan tubuh yang benar-benar membakar kalori. Pengurangan kalori secara drastis berdampak pada penurunan metabolisme. Sebaiknya membatasi asupan kalori disertai dengan latihan membangun massa otot.

3. Kurang berkomitmen untuk berolahraga
Cara terbaik untuk menurunkan berat badan bukan hanya dengan mengurangi makan, namun juga diimbangi dengan olahraga. Kehidupan di zaman modern ini banyak waktu dihabiskan untuk bekerja berjam-jam, menghabiskan banyak waktu untuk duduk, dan melakukan berbagai aktivitas lain sembari makan. Namun tak ada kata terlambat untuk memperbaiki skejul penurunan berat badan Anda. Segera fokus kembali lalu lakukan hal dengan sunggung-sungguh.










(TIN)