Ternyata Mimpi Si Introvert dan Extrovert Berbeda, Ini Alasannya

Yatin Suleha    •    Kamis, 19 Oct 2017 12:41 WIB
tidur
Ternyata Mimpi Si Introvert dan Extrovert Berbeda, Ini Alasannya
Hasil akhir menunjukkan adanya keterkaitan antara kepribadian dengan mimpi. (Foto: Veronika Balasyu/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mimpi apa Anda semalam? Ternyata mimpi Anda menurut studi berkaitan dengan kepribadian Anda.

Walau terdengar mengerikan, ternyata mimpi si introvert dengan ekstrovert bisa berbeda. Dilansir dari Rd.com, lebih dari 1000 tes kepribadian menggunakan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) untuk menentukan dasar dari kepribadian Anda.

Metode yang dilakukan oleh para peneliti adalah para partisipan ditanyakan tentang tidur dan pola mimpi mereka. Langkah selanjutnya peneliti membandingkan respons mereka pada tes yang dilakukan.

(Baca juga: Sering Mimpi Buruk Pertanda Adanya Masalah pada Kesehatan)



Hasil akhir menunjukkan adanya keterkaitan antara kepribadian dengan mimpi. Sebagai contohnya, sebanyak 14.2 persen orang yang introvert bermimpi gigi mereka tanggal. Esktrovert juga bermimpi demikian, tetapi angkanya lebih besar pada mereka yang introvert.

Seseorang yang ekstrovert juga lebih cenderung mengingat mimpi-mimpi mereka dibandingkan dengan mereka yang introvert.

Secara garis besar, dalam studi disimpulkan bahwa, "Seseorang yang introvert banyak bermimpi bahwa mereka tidak mampu memberi pengaruh pada dunia di sekitarnya, dan bermimpi tentang melakukan hal tanpa adanya respons balik," ucap peneliti.

Para peneliti juga menjabarkan bahwa kebanyakan orang yang ekstrovert lebih banyak bermimpi melakukan suatu kegiatan, seperti travelling. Selain itu juga ditemukan bahwa mereka yang sensitif perasaannya juga sering bicara dalam mimpinya dan mengalami mimpi buruk dibandingkan dengan mereka yang tidak sensitif.











(TIN)