Pengaruh Teman Terhadap Kebahagiaan Anda

Raka Lestari    •    Selasa, 13 Feb 2018 11:31 WIB
psikologikesehatan mental
Pengaruh Teman Terhadap Kebahagiaan Anda
Sebuah studi menyebutkan bahwa suasana hati buruk yang dialami oleh teman Anda dapat berpengaruh pada kebahagiaan Anda. (Foto: Brooke Cagle/Usplash.com)

Jakarta: Menghabiskan waktu bersama orang-orang dengan sikap yang negatif ternyata dapat berpengaruh pula pada kehabagiaan Anda. Sebuah studi menyebutkan bahwa suasana hati buruk yang dialami oleh teman Anda dapat berpengaruh pada kebahagiaan Anda.

Para peneliti di University of Warwick percaya bahwa entah itu mood positif ataupun negatif dapat menular, seperti dilaporkan oleh Stylist. 

Setelah menganalisis data pada remaja yang tinggal di Amerika Serikat, tim peneliti studi tersebut menemukan bahwa orang-orang yang memiliki banyak teman yang menderita gangguan mood cenderung merasa rendah diri.

Sementara itu, mereka yang memiliki teman-teman yang memiliki sifat optimis cenderung merasa lebih bahagia secara keseluruhan. 


(Sebuah studi menyebutkan bahwa suasana hati buruk yang dialami oleh teman Anda dapat berpengaruh pada kebahagiaan Anda. Foto: Ben White/Unsplash.com)

(Baca juga: Tanda-tanda Bahwa Kesehatan Mental Anda Memburuk)

"Suasana hati seseorang dapat memberikan efek secara sosial menunjukkan bahwa meningkatkan pertemanan dapat memiliki manfaat bagi kesehatan mental, seperti mengurangi risiko depresi, sedangkan tujuan lainnya adalah memilki pertemanan yang luas juga dapat mengurangi mood negatif," menurut  Profesor Frances Griffiths dalam jurnal Royal Society Open Science.

Namun penting juga untuk memberikan dukungan kepada teman-teman Anda yang mengalami masa sulit atau mengalami masalah dengan kesehatan mental mereka, tetapi jika Anda memiliki hidup yang lebih sulit dibandingkan masalah teman Anda tersebut alangkah baiknya Anda memperhatikan masalah Anda terlebih dahulu daripada teman-teman Anda. 









(TIN)